Sebagian user Windows 10 frustasi akibat bug yang menyebabkan black screen laptop

Senin, 09 November 2020 | 12:04 WIB Sumber: PCMag
Sebagian user Windows 10 frustasi akibat bug yang menyebabkan black screen laptop

ILUSTRASI. Sebagian user Windows 10 frustasi akibat bug yang menyebabkan black screen laptop


WINDOWS 10 - Sebagian user Windows 10 merasakan frustasi akibat permasalahan layar hitam yang kerap kali ditemukan ketika menghubungkan dengan monitor eksternal. Dan pada akhirnya, Microsoft merilis perbaikan melalui update terbaru Windows 10.

Mayoritas pengguna laptop dan PC sangat familiar dengan sistem operasi (OS) Windows. Selain tampilannya yang mudah dipahami, ada beragam aplikasi yang dapat membantu memudahkan pekerjaan.

Belum lagi, sebagian besar laptop yang dijual di pasaran sudah termasuk OS Windows 10 yang terbarunya. Windows 10 saat ini sudah banyak digunakan oleh pengguna laptop maupun PC di seluruh dunia. 

Disamping kemudahan Windows 10, sayangnya ada beberapa masalah yang kerap kali timbul.

Mengutip dari PCMagz.com, sebagian user Windows 10 melaporkan telah mengalami permasalahan black screen atau layar tiba-tiba menjadi hitam ketika menggunakan monitor eksternal.

Baca Juga: Cara mudah mengganti tampilan background di Google Meet web

ILUSTRASI: Windows 10

Layar hitam tersebut muncul ketika sebagian user Windows 10 menghubungkan laptop dengan monitor. Kemudian, permasalahan timbul ketika menggunakan fitur drawing pada aplikasi tertentu, seperti di Microsoft Word atau Office 365.

Microsoft juga telah memperingatkan penggunanya bahwa permasalahan yang sama timbul ketika menggunakan aplikasi Microsoft Whiteboard.

Akibatnya layar laptop akan hitam atau istilahnya black screenBug tersebut juga menyebabkan munculnya ikon peringatan di graphics cards saat membuka device manager

Baca Juga: Lebih praktis, edit file Word, Excel dan Power Point langsung lewat Google Doc

Cara mengatasi bug black screen di Windows 10

Satu-satunya cara untuk memperbaiki permasalahan tersebut hanya restart laptop atau komputer. Kabar baiknya, Microsoft akhirnya merilis update Windows 10 yang memperbaiki permasalahan tersebut.

Update tersebut hadir dalam versi KB4577063. Lewat update itu, pengguna Windows 10 bisa memperbaiki permasalahan tersebut.

Jika Anda termasuk salah satu pengguna Windows 10 yang mengalami permasalahan tersebut, maka segera melakukan update. Atau, bisa juga download manual update Windows 10 KB4577063 download lewat link ini.

Seharusnya, jika sudah melakukan update tersebut, Anda tidak lagi menemukan permasalahan layar hitam atau black screen.

Selanjutnya: Microsoft hapus Adobe Flash Player dari Windows 10, ini alasannya?

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru