Sejarah pendirian PBB, fungsi dan struktur organisasinya

Sabtu, 26 September 2020 | 10:00 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Sejarah pendirian PBB, fungsi dan struktur organisasinya


EDUKASI -  Perserikatan Bangsa-Bangsa atau PBB adalah sebuah organisasi internasional yang beranggotakan hampir seluruh negara di Dunia. Organisasi ini dibentuk agar keamanan dan perdamaian antarnegara bisa selalu terjaga dengan baik. 

Sebelum PBB, ada Liga Bangsa-Bangsa (LBB) yang diharapkan bisa menjaga perdamaian dunia. Organisasi ini didirikan saat Perang Dunia I tahun 1919. Melansir dari Encyclopedia Britannica, LBB dibubarkan pada 1946 karena gagal mencegah Perang Dunia II. 

Dampak Perang Dunia II membuat banyak negara menginginkan perdamaian dan keamanan bersama. Amerika Serikat, Inggris, dan Uni Soviet kemudian berembuk untuk membuat organisasi perdamaian. 

Tiga negara tersebut merupakan pendiri dari PBB. Wakil dari tiga negara tersebut adalah Presiden Amerika Serikat Franklin Delano Roosevelt, Perdana Menteri Inggirs Winston Churchill, dan Perdana Menteri Uni Soviet Joseph Stalin. 

Baca Juga: PBB mendesak para miliarder dunia untuk bantu jutaan penduduk dunia yang kelaparan

Mengadopsi tujuan LBB, tujuan utama dari PBB adalah menjaga keamanan dan perdamaian dunia. PBB berdiri pada 24 Oktober 1945 di San Francisco, California, Amerika Serikat.

Sejarah berdirinya PBB

Pembentukan ini ditandai dengan piagam PBB yang ditandatangani oleh 50 negara di dunia. Dari jumlah awal sebanyak 50 negara, PBB sekarang beranggotakan 193 negara di dunia.  

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru