Sekitar 50% anak-anak berusia 5-10 tahun kini punya ponsel

Sabtu, 08 Februari 2020 | 23:41 WIB Sumber: Kompas.com
Sekitar 50% anak-anak berusia 5-10 tahun kini punya ponsel

ILUSTRASI. Anak kecil bermain Mobile Legends (ML), Bandung, Senin (23/4/2018). Anak-anak menghabiskan waktu sekitar tiga jam berselancar di internet.


KESEHATAN - JAKARTA. Dari sebuah temuan baru, hampir setengah dari anak-anak berusia 5-10 tahun telah memiliki ponsel. Temuan dari Childwise, lembaga penelitian yang mengkhususkan pada anak-anak mengungkap, 47% anak-anak dalam kelompok usia itu memiliki ponsel, meningkat 38% dari tahun sebelumnya.

Laporan tersebut juga menyatakan, sebagian besar anak-anak menjadi pemilik ponsel saat mereka mencapai usia tujuh tahun. Mereka juga bergantung pada ponsel, dan lebih dari setengah anak-anak yang disurvei mengaku selalu tidur dengan ponsel di sebelah mereka.

Sementara itu, jumlah waktu yang dihabiskan anak-anak untuk online terus meningkat, dengan menghabiskan waktu sekitar tiga jam berselancar di internet, meningkat dari tahun sebelumnya. Rata-rata penggunaan internet setiap hari pada anak berusia tujuh hingga sepuluh tahun juga melonjak, naik hampir satu jam per hari dari tahun sebelumnya.

Baca Juga: Akhir pekan tiba, berikut film yang lagi naik layar di bioskop XXI dan CGV

Childwise menemukan, situs atau platform yang sering dikunjungi anak-anak adalah YouTube diikuti oleh Snapchat, Instagram, TikTok, dan Fortnite. Childwise membuat laporannya berdasarkan survei tahunan terhadap sekitar 2.000 anak berusia lima hingga 16 tahun di Inggris.

Simon Leggett, direktur penelitian di Childwise, mengatakan saat ini ponsel mendominasi kehidupan anak-anak. "Barangkali sulit untuk mengawasi penggunaan teknologi anak kita, mengingat ponsel adalah teknologi yang sangat privat dan pribadi," kata Leggett.

"Saat seorang anak mempunyai ponsel, itu bisa menjadi tantangan untuk memantau apa yang anak kita akses secara online, karena itu teknologi privat yang paling dirahasiakan." Laporan ini serupa dengan laporan yang diterbitkan oleh Ofcom pada tahun lalu.

Baca Juga: Prancis menutup dua sekolah di dekat resor ski setelah kasus virus corona

Ofcom merupakan otoritas regulasi yang disahkan pemerintah Inggris untuk industri penyiaran, telekomunikasi, dan pos Britania Raya. Berdasarkan laporan Ofcom sebelumnya, ditemukan semakin banyak anak yang menggunakan media sosial secara reguler.

Setelah menganalisis kebiasaan media dari sekitar 2.000 anak berusia 3-15 tahun di seluruh Inggris, ditemukan sebanyak 18% anak berusia 8-11 tahun memiliki profil media sosial. Hal itu bertentangan dengan fakta di mana media sosial tidak mengizinkan anak berusia di bawah 13 tahun untuk mendaftarkan akun. (Gading Perkasa)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Ketika Anak-anak Berusia 5-10 Tahun Tak Bisa Lepas dari Ponsel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati

Terbaru