Serba-serbi kecerdasan manusia, yuk kenali agar tahu cara belajar yang tepat

Kamis, 17 September 2020 | 15:49 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Serba-serbi kecerdasan manusia, yuk kenali agar tahu cara belajar yang tepat

ILUSTRASI. Serba-serbi kecerdasan manusia, yuk kenali agar tahu cara belajar yang tepat. Model : Bintang Nararya (Usia 5 Tahun) dan Asha Madina (Usia 3 Tahun) TRIBUN JATENG/Hermawan Handaka


PARENTING - Pernahkan Anda melihat orang yang mudah meniru gerakan tari? Atau orang-orang yang pandai matematika tetapi lemah di bahasa? Fenomena ini ditentukan oleh kecerdasan.

Setiap individu memiliki kecerdasannya masing-masing. Ada banyak jenis kecerdasan manusia yang membuat setiap orang memiliki cara belajar yang berbeda. 

Jenis kecerdasan manusia yang beragam ini pertama kali dicetuskan oleh psikolog asal Amerika Serikat, Howard Gardner. Gardner mencetuskan konsep kecerdasan manusia ini pada 1983 silam.

Dari konsep ini muncul jenis-jenis kecerdasan manusia yang berjumlah sembilan. Dengan tahu jenis kecerdasan anak, Anda bisa menyesuaikan cara belajarnya.

Apa saja jenis kecerdasan yang dimiliki manusaia? Bersumber dari Cleverism dan Edutopia, berikut sembilan jenis kecerdasan manusia: 

  • Kecerdasan logika

Orang yang memiliki kecerdasan logika memungkinkan mereka unggul di bidang yang berhubungan dengan angka dan rumus. 

  • Kecerdasan linguistik

Jika kecerdasan manusia jenis logika unggul di angka, maka kecerdasan linguistik unggul di bahasa. Anak-anak yang memiliki kecerdasan linguistik lebih mahir mengaplikasikan bahasa.

Mereka biasanya memiliki kemampuan untuk mempersuasi orang lain. Orang dengan kecerdasan linguistik juga gemar membaca dan menulis.

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru