Simak empat tips untuk pengendara wanita ketika berkendara sendiri

Rabu, 12 Agustus 2020 | 14:55 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Simak empat tips untuk pengendara wanita ketika berkendara sendiri

ILUSTRASI. Simak empat tips untuk pengendara wanita ketika berkendara sendiri


TIPS BERKENDARA - JAKARTA. Wanita yang mengendarai mobil kini sudah cukup banyak. Jika Anda para wanita yang sedang berkendara sendirian, maka perlu kehati-hatian ekstra. Hal tersebut berguna agar terhindar dari kejadian yang tidak diinginkan. Sehingga pengendara wanita perlu memerhatikan kondisi diri sendiri dan juga mobilnya.

Baca Juga: Berkendara di cuaca panas, ini tips agar bisa menikmati perjalanan

Kontan.co.id merangkum empat tips dari situs resmi Nissan dan Toyota agar pengendara wanita tetap aman ketika berkendara sendiri:

1. Persiapkan diri sebelum kemudikan mobil

Pastikan Anda sudah duduk dengan posisi nyaman sehingga bisa mengemudi dengan baik. Posisi kursi pengemudi yang ideal yakni tidak telalu terlalu jauh dengan kemudi, tetapi juga jangan terlalu dekat. Pastikan penglihatan di sekitar mobil sudah baik dan tidak ada benda yang menganggu. Cek juga fitur mobil seperti lampu depan, belakang, hingga lampu sein dalam keadaan baik.

2. Pastikan fitur keamanan mobil aktif 

Ketika berkendara, Anda perlu memastikan semua pintu terkunci sempurna. Ketika bertemu dengan orang di jalan, jangan mudah tertipu oleh modus ban bocor atau semacamnya. Selain itu, ada pula modus dengan melempar telur di kaca depan sehingga memaksa Anda untuk berhenti.  Anda sebaikya tidak langsung memutuskan untuk berhenti dan keluar  dari mobil. Tenangkan diri dan teruslah berkendara dengan perlahan. Temukan tempat yang dirasa ramai dan aman, salah satunya yakni  di sekitar pos atau kantor polisi.

3. Persiapkan peralatan penting

Saat berkendara, pastikan baterai smartphone Anda dalam keadaan penuh.  Sehingga ketika dalam keadaan darurat, Anda bisa menelepon untuk meminta tolong orang terdekat dengan mudah. Oleh sebab itu siapkan selalu charger di dalam mobil. Tidak ada salahnya Anda membawa  beberapa alat pengaman seperti taser listrik, semprotan merica  atau tongkat baseball. 

4. Tetap fokus berkendara

Konsentrasi pada setiap kondisi jalan merupakan hal penting tetapi bukan berarti Anda harus berkendara dalam kondisi tegang. Untuk menanggulangi kondisi tersebut, anda bisa memanfaatkan fitur hiburan. Tentu pastikan lagi fokus Anda tidak terganggu dengan adanya hiburan tersebut.

Baca Juga: Lagi demam gowes, ini 5 isyarat yang wajib pengguna sepeda ketahui

Semoga tips ini juga berguna untuk pengendara lain agar tetap aman di segala kondisi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru