Soal dan jawaban TVRI SMP, Jumat 18 September 2020: Mahaguru Merapi

Jumat, 18 September 2020 | 05:39 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Soal dan jawaban TVRI SMP, Jumat 18 September 2020: Mahaguru Merapi

ILUSTRASI. Soal dan jawaban TVRI SMP, Jumat 18 September 2020: Mahaguru Merapi. ANTARA FOTO/Arnas Padda/yu/wsj.


BELAJAR DARI RUMAH -  Pandemi Covid-19 memaksa pembelajar langsung ditiadakan diganti dengan pembelajaran jarak jauh. Pemerintah membuat program belajar dari rumah agar siswa tetap bisa mendapat pembelajaran. 

Program belajar dari rumah disiapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud). Materi yang diberikan ditujukan untuk jenjang pendidikan PAUD hingga SMA. 

Materi ditayangkan melalui siaran TVRi setiap harinya. Tayangan pembelajaran berbeda tiap harinya, sesuai dengan jadwal yang sudah dirilis. Melalui Instagram resmi Kemdikbud dan TVRI, jadwal dirilis beserta materi yang akan ditayangkan. 

Materi untuk SMP, Jumat 18 September 2020 mengenai Gunung Merapi. Video yang ditayangkan akan berisi penjelasan mengenai karakteristik Gunung Merapi. 

Di akhir video ada soal pengayaan mengenai materi yang ditayangkan. Siswa bisa menjawab soal tersebut sesuai dengan materi yang ditayangkan. 

Video belajar dari rumah TVRI untuk SMP ditayangkan pukul 09.30-10.00 WIB. Di bawah ini adalah soal dan jawaban program belajar dari rumah untuk jenjang SMP. 

Pertanyaan akhir segmen 1: 

Berdasarkan video tersebut, Gunung Merapi memiliki tipe letusan efusif dan eksplosif. Jelaskan perbedaan letusan efusif dan eksplosif!

Jawabannya:

  • Letusan efusif: Letusan ini menghasilkan magma yang encer dan sedikit. Biasanya terbentuk kubah lava diawal erupsi. 
  • Letusan eksplosif: Letusan yang disebabkan magma yang kaya akan gas

 

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru