Sukses Asian Games, Olimpiade Tokyo 2020 jadi fokus Kementerian Pemuda dan Olahraga

Selasa, 16 Oktober 2018 | 21:42 WIB   Reporter: Willem Kurniawan
Sukses Asian Games, Olimpiade Tokyo 2020 jadi fokus Kementerian Pemuda dan Olahraga

ILUSTRASI. Menpora Imam Nahrawi


OLAHRAGA - JAKARTA. Indonesia mengukir cerita manis di Asian Games 2018 dengan menyabet 31 medali emas, 24 perak dan 43 perunggu. Indonesia pun menduduki peringkat empat, posisi terbaik selama mengikuti ajang Asian Games.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi mengatakan keberhasilan Indonesia menempati peringkat empat dalam Asian Games 2018 merupakan momentum yang sangat bersejarah bagi Indonesia. "Ini menjadi sejarah baru. Ini merupakan perjuangan para atlet di Asian Games," kata Imam dalam keterangan persnya, Selasa (16/10).

Imam bilang, ini bukan sesuatu yang tiba-tiba, tetapi melalui proses perjuangan panjang. Kerja keras para atlet, pelatih, asisten pelatih, pengurus cabang olahraga dan dukungan pemerintahan secara maksimal berbuah manis.

"Pemerintah memberikan dukungan dan perhatian penuh. Dari proses pelatnas, mendampingi hari per hari saat latihan dan pertandingan, hingga penghargaan atas prestasinya berupa bonus uang yang diberikan sebelum penutupan, pengajuan menjadi PNS/ASN melalui KemenPAN-RB, dan pemberian rumah melalui regulasi KemPUPR, juga diberikan pada pelatih," kata Imam.

Ini menjadi motivasi menyambut Sea Games 2019 di Philipina dan Olimpiade Tokyo 2020. "Bahwa Olimpiade harus dipersiapkan dari sekarang. Kita bersyukur karena di Asian Games kemarin, banyak olahraga Olimpiade yang menghasilkan banyak medali. Ini artinya ada peningkatan di olahraga yang sangat signifikan," kata Imam.

Butuh anggaran besar untuk semakin meningkatkan prestasi. Anggaran tidak lagi divoting secara merata tapi betul-betul difokuskan untuk pencapaian target besar negara. "Sasaran kita adalah Olimpiade, SEA Games kita siapkan untuk lapis kedua sehingga mereka punya banyak pengalaman bertanding," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru