Sumsel optimistis usung sport tourism di MATTA Fair 2018

Minggu, 18 Maret 2018 | 20:47 WIB   Reporter: Jane Aprilyani
Sumsel optimistis usung sport tourism di MATTA Fair 2018

ILUSTRASI. PERESMIAN KAWASAN EMBARKASI TERPADU


INDUSTRI PARIWISATA - JAKARTA. Booth Kementerian Pariwisata (Kempar) di ajang Malaysian Association of Tour and Travel Agents (MATTA) Fair 2018 kedatangan Gubernur Sumatra Selatan (Sumsel) Alex Noerdin. 

Booth yang sangat berwibawa, kita bangga bersinergi terus dengan Kempar dalam segala hal untuk pariwisata Indonesia dan Sumatra Selatan,” kata Alex Noerdin dalam keterangan yang diterima KONTAN, Minggu (18/3).

MATTA Fair 2018 dilaksanakan dari tanggal 16 Maret-18 Maret 2018. MATTA merupakan pameran pariwisata terbesar di Malaysia.

Kunjungan Gubernur Sumsel ke booth Kempar lantaran Sumsel di ajang MATTA Fair 2018 mengusung penuh perhelatan Asian Games yang akan digelar di daerahnya. 

Alex mengatakan, akan datang sekitar 12.000 atlet, official, media dan semua perangkat pertandingan ke Sumsel dan menikmati pertandingan serta keindahan kota-kota di Sumsel. ”Belum itu dengan suporternya, saya prediksi akan lebih banyak lagi masuk Sumsel.  Belum mulai saja dampak ke masyarakat sudah sangat terasa, hotel sudah mulai dipesan, rental mobil sudah mulai penuh. Begitulah sport tourism," sebut Alex.

Sumsel memang tidak ada bosan-bosannya mengusung sport tourism di wilayahnya. Sebut saja Sea Games, Asian Games 2018, Musi Triboatton, Turnamen Sepak Bola Internasional, Beach Volley se Asia Pacific, Asian Triathlon 2017 bahkan rencananya akan digelar Moto GP di Sumsel. ”Kami tahun ini saja mempersiapkan 39 event sport tourism kelas dunia di Sumsel. Kami sangat optimis mengusung ini dan bisa berdampak kepada pariwisata Indonesia,” ujar Alex Noerdin.

Deputi Pemasaran I Kempar I Gde Pitana mengatakan, Kempar akan menjadikan Sumsel menjadi model nasional untuk penyelenggaraan sport tourism. Kata Pitana, perlu pembedaan khusus untuk lebih menjual Sumsel kepada wisatawan, terutama wisman. "Secara atraksi sudah bagus, kuliner bagus, budaya bagus. Nah kalau wisata Man Made, termasuk di dalamnya ada sport tourism, inilah yang jadi keunggulan Sumsel,” kata Pitana.

Seperti diketahui, Kempar pada 2018 mengusung program atau paket pariwisata dengan branding Visit Indonesia Wonderful Indonesia (VIWI) 2018. Untuk mendukung VIWI 2018, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sumsel akan mendukungnya dan menawarkan program atau paket pariwisata sport tourism. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Herlina Kartika Dewi

Terbaru