Supaya tidak bingung, ini penjelasan fitur WhatsApp pesan sementara

Sabtu, 21 November 2020 | 16:40 WIB   Penulis: Arif Budianto
Supaya tidak bingung, ini penjelasan fitur WhatsApp pesan sementara


WHATSAPP - Jakarta. WhatsApp sudah kedatangan fitur canggih nan keren bisa menghilangkan pesan setelah 7 hari. Fitur tersebut disebut sebgai disappearing message atau pesan sementara. Seperti apa si fitur pesan sementara di WhatsApp? Begini penjelasannya.

Sebagai salah satu aplikasi perpesanan yang populer, belakangan ini WhatsApp kedatangan beberapa fitur baru.

Sebelumnya WhatsApp telah mendapatkan fitur dimana user bisa mute selamanya kontak maupun grup. Nah, baru-baru ini kedatangan fitur baru bernama disappearing message atau pesan sementara.

Belum lama ini juga sempat beredar kabar bahwa WhatsApp bakal mendapatkan fitur pesan sementara. Mengamini hal tersebut, secara resmi WhatsApp telah kedatangan fitur bernama pesan sementara ini.

Baca juga: Diskon hingga 50% di promo KJSM Hari Hari Swalayan 19 November

Lalu seperti apa si dan apa fungsi dari fitur pesan sementara ini?

Seperti yang disampaikan pihak WhatsApp melalui blog resminya, mereka menganggap bahwa tidak semua pesan perlu disimpan selamanya. 

Tampilan fitur pesan sementara di WhatsApp

Dalam hal ini mungkin Anda dengan orang terdekat memiliki kenangan yang manis, namun di sisi lain ada juga hal yang tidak perlu diingat. Tetapi pesan tersebut terus tersimpan dan secara tidak langsung Anda kembali mengingat momen momen tersebut.

Baca Juga: Ini dia deretan fitur WhatsApp segera hadir, apa saja ya?

Dari situlah pihak WhatsApp berangkat untuk menerapkan fitur pesan sementara ini. "Meskipun sangat menyenangkan untuk dapat menyimpan kenangan dari teman dan keluarga, sebagian pesan yang dikirim tidak perlu disimpan selamanya." Ujar WhatsApp dalam blog resminya.

"Tujuan kami adalah membuat percakapan di WhatsApp terasa seperti berbincang secara langsung, yang berarti percakapan tersebut diak harus selalu tersedia". Tambahnya.

Di sisi lain, fitur ini juga berguna ketika Anda ingin mengirim pesan yang benar-benar privat. Artinya hanya teman terdekat Anda yang tahu, sebab pesan tersebut akan hilang setelah 7 hari. Jadi jika orang lain mengecek WhatsApp teman Anda setelah 7 hari, pesan tersebut akan hilang.

Baca Juga: Tips menghemat baterai HP Xiaomi, manfaatkan fitur canggih di MIUI 12

Sederhananya fitur pesan sementara di WhatsApp bertujuan untuk memaksimalkan privasi para penggunanya. Fitur tersebut bisa digunakan untuk obrolan individual maupun grup. Namun untuk mengaktifkan pesan sementara di grup WhatsApp harus meminta persetujuan Admin terlebih dahulu.

Jika Admin sudah menyetujui fitur tersebut dinyalakan, maka pesan sementara akan aktif di grup. Berbeda dengan obrolan individual, Anda bisa mengaktifkannya langsung.

Menurut pihak WhatsApp fitur ini akan meluncur bulan ini juga untuk seluruh penggunanya. Jadi sabar sedikit ya guys nunggu update WhatsApp muncul di Appstore atau Playstore.

Selanjutnya: Menjajal Fleet Twitter, bisa membagikan Tweet keren di Fleet tampilannya ala story IG

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru