Tarik wisatawan, Bengkulu gelar Festival Tabut

Jumat, 07 September 2018 | 20:53 WIB   Reporter: Jane Aprilyani
Tarik wisatawan, Bengkulu gelar Festival Tabut

ILUSTRASI. Malam Pesona Bengkulu


INDUSTRI PARIWISATA - JAKARTA. Ada yang baru di Bengkulu. Untuk mempromosikan pariwisata, Festival Tabut 2018 di Bengkulu akan digelar. Menteri Pariwisata, Arief Yahya yakin festival tersebut dapat menjadi magnet untuk menarik wisatawan.

"Festival Tabut ini menjadi festival utama di Bengkulu sekaligus top 100 event wisata skala nasional. Jadi harus benar-benar dibikin meriah dan semenarik mungkin agar bisa mendatangkan wisatawan sebanyak-banyaknya," ujar Arief dalam keterangan yang diterima Kontan.co.id, Jumat (7/9).

Festival ini rencananya akan digelar pada 10 September-20 September 2018 atau 1-10 Muharram di Lapangan Merdeka, Kota Bengkulu.

Arief juga mendorong Pemprov Bengkulu untuk menambah jumlah agenda wisata. Sebab jumlah yang ada sekarang kalah jauh dengan jumlah agenda wisata yang digelar di provinsi lain. Apalagi pada 2018 Bengkulu menargetkan jumlah wisatawan meningkat 40% dari dua tahun sebelumnya.

"Solo saja punya 58 agenda. Seharusnya Bengkulu bisa lebih karena skalanya provinsi dan kaya akan budayanya," tutur Arief.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu Yudi Satria mengatakan Festival Tabut 2018 diadakan sebagai manifestasi kecintaan sekaligus mengenang kisah kepahlawanan dan kematian cucu Nabi Muhammad SAW, Husein bin Ali bin Abi Thalib. 

Festival Tabut memiliki beberapa urutan, yakni mengambik (mengambil) tanah, duduk penja, meradai, merajang, arak penja, arak serban, gam yang berarti masa tenang atau berkabung, arak gedang, dan tabut terbuang.

Festival ini juga menawarkan kegiatan lain selain serangkaian prosesi ritual tersebut. Salah satunya sejumlah kontes yang harus diperlombakan setiap tahun, seperti lomba kereta kuda tradisional, pertunjukan tarian Tabut, dan bentuk seni serta budaya lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Herlina Kartika Dewi

Berita Terkait


Terbaru