Tingkatkan kompetensi, Kemenag - LPDP selenggarakan beasiswa dosen tahun 2020

Kamis, 22 Oktober 2020 | 23:00 WIB   Reporter: Vendy Yhulia Susanto
Tingkatkan kompetensi, Kemenag - LPDP selenggarakan beasiswa dosen tahun 2020


BEASISWA - JAKARTA. Kementerian Agama (Kemenag) bekerja sama dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan menyelenggarakan beasiswa bagi pendidik/dosen perguruan tinggi keagamaan Islam pada tahun 2020.

Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kemenag, Muhammad Ali Ramdhani mengatakan, program ini merupakan upaya Kementerian Agama dalam meningkatkan kualifikasi dan kompetensi dosen di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam.

Ali menyebut, beasiswa bagi dosen Tahun 2020 ini adalah langkah awal kerjasama Kemenag dengan LPDP. Meskipun sebelumnya Kemenag sudah bekerjasama dengan LPDP untuk beasiswa santri. "Adapun untuk dosen, tahun ini adalah pertama kalinya kami bekerjasama,” kata Ali dalam keterangan tertulisnya, Kamis (22/10).

Ali menambahkan, Kementerian Agama dan LPDP sedang merancang format kerjasama penyelenggaraan beasiswa yang lebih komprehensif untuk tahun 2021 dan seterusnya. “Kami optimis pada tahun 2021 dan seterusnya beasiswa ini bisa direncanakan lebih matang dan dapat diakses seluas-luasnya oleh para dosen di PTKI,” ucap dia.

Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis), Suyitno menyebutkan, khusus tahun 2020 beasiswa hanya disediakan untuk dosen yang ber-NIDN (nomor induk dosen nasional) dan sedang menempuh studi pada semester ganjil tahun akademik 2020/2021 (semester 1). Selain itu, tahun ini hanya menyediakan untuk perguruan tinggi tujuan dalam negeri.

“Pada tahun 2020 ini terdapat 19 perguruan tinggi tujuan dengan 239 program studi,” kata Suyitno.

Baca Juga: 8 Perguruan tinggi terbaik di Indonesia tahun 2021 versi QS WUR

Suyitno menambahkan, rencananya pada tahun 2021 beasiswa tidak hanya dibuka untuk perguruan tinggi tujuan di dalam negeri. Akan tetapi juga akan dibuka perguruan tinggi tujuan di luar negeri. “Oleh karena itu, kami berharap para dosen PTKI mempersiapkan diri dalam menyambut peluang besar peningkatan kualifikasi dan kompetensi ini,” ucap dia.

Terkait proses seleksi untuk tahun 2020 ini, Suyitno menyebutkan Kementerian Agama melalui Diktis akan melakukan seleksi administratif, sedangkan LPDP akan melaksanakan seleksi substansi. Meskipun demikian, Kemenag akan menambah proses seleksi berupa seleksi wawasan kebangsaan dan moderasi beragama.

“Kami hanya ingin memastikan bahwa para peserta yang kami rekomendasikan untuk mengikuti seleksi substansi di LPDP  adalah dosen-dosen yang betul-betul memiliki komitmen kebangsaan yang tinggi serta memiliki faham keagamaan yang moderat,” ujar Suyitno.

Sebagai informasi, pendaftaran beasiswa tahun 2020 ini dijadwalkan pada 21 Oktober - 6 November 2020. Adapun seleksi administrasi dan wawasan kebangsaan serta moderasi beragama dilaksanakan pada 7-12 November 2020. Sedangkan seleksi substansi diselenggarakan pada 19 November-1 Desember 2020. Hasil seleksi akan diumumkan pada 4 Desember 2020.

Selanjutnya: Beasiswa S1 dan D4 dari Wardah Cosmetics untuk mahasiswi di Indonesia

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru