Valentino Rossi disebut akan menunda pensiun demi MotoGP Mandalika 2021

Selasa, 05 November 2019 | 23:00 WIB Sumber: Kompas.com
Valentino Rossi disebut akan menunda pensiun demi MotoGP Mandalika 2021


OLAHRAGA - JAKARTA. Presiden Direktur PT Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Abdulbar M Mansoer mendapat kabar bahwa Valentino Rossi siap menunda pensiun jika balapan MotoGP Mandalika di Lombok, Indonesia, benar-benar terealisasi pada 2021. 

Hal itu diungkapkan Abdulbar seusai pertemuannya dengan Menteri Pemuda dan Olahraga RI (Menpora) Zainudin Amali di Kantor Kemenpora, Jakarta, Selasa (5/11) sore. 

Baca Juga: Penata rambut Cristiano Ronaldo ditemukan tewas ditikam

Informasi Rossi menunda pensiun jika MotoGP Mandalika terealisasi pada 2021 diketahui dari pihak Dorna Sport (penyelenggara MotoGP) saat bertemu dengan Presiden Joko Widodo pada Maret 2019 lalu. 

"Saat bertemu dengan Presiden di Istana Bogor, mereka (Dorna) menyebut Rossi akan memundurkan pensiunnya setahun lagi jika MotoGP di Mandalika terealisasi tepat waktu (2021)," kata Abdulbar kepada para awak media. 

"Namun, asalkan Rossi-nya jangan sampai cedera saja yang membuat rencana ini terhambat. Semua tergantung kondisi Rossi, sehat atau tidak," tutur Abdulbar. 

Valentino Rossi memang masih terikat kontrak dengan tim pabrikan Yamaha hingga tahun 2020. Sejauh ini, belum ada kepastian mengenai kelanjutan karier pebalap asal Italia tersebut saat kontraknya selesai pada 2020. 

Abdulbar menyebut Rossi memang disebut tertarik dengan rencana Indonesia menggelar balapan MotoGP di Mandalika, Lombok. Terlebih lagi, Abdulbar memastikan Sirkuit Mandalika sebagai lintasan yang indah karena dekat dengan Pantai Kuta Lombok serta pegunungan. 

Baca Juga: Beri penghormatan, Asia Talent Cup pensiunkan nomor 4 milik Afridza Munandar

Indonesia sebenarnya pernah menjadi penyelenggara balapan grand prix motor pada tahun 1996 dan 1997 di Sirkuit Internasional Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. 

Kala itu, pebalap legendaris MotoGP seperti Mick Doohan pernah menjajal balapan di sana, tepatnya di kelas 500cc. Rossi juga pernah balapan di Sirkuit Sentul, tetapi saat itu dia masih membalap di kelas 125cc. (Nugyasa Laksamana)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Valentino Rossi Disebut Akan Tunda Pensiun demi MotoGP Mandalika 2021"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tendi Mahadi

Terbaru