WhatsApp - Ini cara mudah mengirim pesan suara

Senin, 08 Juli 2019 | 16:48 WIB   Reporter: Tri Sulistiowati
WhatsApp - Ini cara mudah mengirim pesan suara


GAYA HIDUP - JAKARTA. Aplikasi WhatsApp tidak hanya menyediakan fasilitas berbagai pesan teks tapi juga pesan suara. Dengan menggunakan fasilitas ini, pengguna tidak perlu lagi repot mengetik pesan yang hendak dikirim.

Baru-baru ini WhatsApp mempermudah cara mengirimkan pesan suara. WhatsApp memberikan tambahan fasilitas pengunci untuk memudahkan pengguna merekam pesan suara. Pengunci ini menggantikan jari pengguna untuk menahan ikon mic selama proses merekam suara.

Bagi Anda yang belum pernah menggunakan fasilitas ini, tidak ada salahnya untuk mulai mencoba. Karena, berbagi pesan suara dengan teman-teman lebih praktis dan seru. Yuk simak cara mengirim pesan suara melalui WhatsApp.     

1. Anda buka aplikasi WhatsApp yang terpasang di smartphone. Bila Anda belum memasang aplikasi pesan digital ini di ponsel, unduh melalui Google Play atau APP Store. Anda pastikan ponsel pintar tersambung dengan internet selama proses mengunduh WhatsApp.

2. Kemudian, Anda ketuk ikon pesan berwarna hijau di sudut kanan bawah halaman WhatsApp. Layar ponsel akan menampilkan daftar nomor kontak WA. Setelah itu, Anda cari kontak orang yang diinginkan kemudian ketuk kontak tersebut.

Opsi lainnya, Anda dapat mengetuk ikon pencari yang berada di sudut kanan atas halaman WhatsApp. Sekedar info, ikon pencari akan membantu Anda untuk menemukan nomor kontak lebih cepat.

Lalu, Anda lanjutkan dengan mengetikkan nama orang yang diinginkan di dalam kolom pencari. Tunggu beberapa saat, mesin pencari ini akan menampilkan nomor kontak orang yang Anda cari. Kemudian, Anda ketuk kontak tersebut untuk mulai mengirim pesan suara.

3. Anda ketuk dan tahan ikon mic yang berada di sudut kanan bawah halaman pesan. Beberapa detik kemudian,  Anda akan melihat ikon gembok muncul di atas ikon mic (yang Anda tahan). Anda ketuk ikon gembok tersebut agar lebih leluasa merekam pesan. Asal tahu saja, ikon gembok akan mengunci ikon mikrofon secara otomatis selama Anda merekam pesan suara.

4. Setelah pesan suara selesai direkam, Anda ketuk ikon kirim yang berada di sudut kanan bawah layar ponsel. WhatsApp akan mengirimkan pesan suara dan proses selesai.

Untuk mendengarkan pesan suara via WhatsApp, Anda hanya perlu membuka pesan suara tersebut. Kemudian, Anda ketuk ikon putar pada pesan suara. Setelah itu, Anda sudah bisa mendengarkan pesan suara dari si pengirim.

   

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tri Sulistiowati

Terbaru