Yogyakarta pun butuh festival wisata

Senin, 23 Juli 2018 | 21:35 WIB   Reporter: Jane Aprilyani
Yogyakarta pun butuh festival wisata

ILUSTRASI. Warga Yogyakarta Kirab Merti Code


WISATA - JAKARTA. Meski sudah terkenal sebagai daerah tujuan wisata, Yogyakarta ternyta terus mengoptimalkan potensi wisata. Salah satunya dengan menggelar fastival wisata budaya.

Langkah tersebut, kata Kepala Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta, Aris Riyanto untuk bisa mendongkrak kunjungan wisatawan. Tahun ini saja, Yogyakarta membidik pelancong lokal sebanyak 440.000 orang dan turis asing hingga lima juta orang yang datang ke berbagai festival budaya di sana.

"Dengan adanya festival, Yogyakarta dikenal  di luar negeri. Wisatawan terus bertambah termasuk lama menginap," tutur Aris Riyanto kepada KONTAN, Senin (23/7).

Jumlah kunjungan wisatawan diakui Aris meningkat 10% sampai 15% dari tahun lalu. Untuk itu, Dinas Pariwisata Yogyakarta akan selalu memberi info mengenai event budaya melalui kanal website. Seperti Festival Layang-layang yang akan digelar 28 Juli 2018 dan mengikutsertakan wisatawan India, Srilanka, Thailand, Malaysia dan Singapura.

Dikutip dalam kanal website Dinas Pariwisata Yogyakarta, anggaran untuk program pengembangan dan pemasaran pariwisata Yogayakarta disiapkan Rp 8,876 miliar. Sementara anggaran program peningkatan kualitas atraksi pariwisata dan ekonomi kreatif sebesar Rp 2,188 miliar. "Kalau untuk pendapatan yang diperoleh dari festival masih harus dikaji dahulu," jelas Aris.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Markus Sumartomjon

Terbaru