Youtube ubah angka jumlah subscriber

Senin, 02 September 2019 | 13:30 WIB Sumber: Kompas.com
Youtube ubah angka jumlah subscriber

ILUSTRASI. Youtube


BISNIS ONLINE -JAKARTA. Setelah diperkenalkan pada Mei silam, Google bakal mulai menggelontorkan fitur untuk menyembunyikan rincian jumlah " subscriber" pada kanal YouTube.

Hal ini diterapkan lantaran Google ingin menyeragamkan tampilan format penulisan jumlah subscriber platform YouTube di berbagai wilayah. Seperti diketahui, di wilayah atau platform YouTube tertentu (desktop atau mobile), sebagian pengguna bisa melihat dua format penulisan angka jumlah subscriber yang berbeda.

Baca Juga: RI Punya Peluang Terbuka untuk Mengincar Pajak Google premium

Ada yang ditulis secara penuh, seperti "1.234.567 subscriber", ada pula yang ditulis dengan angka yang disingkat dengan format penulisan "1,23M subscriber".

"Selain ingin menciptakan konsistensi, (singkatan) ini untuk mengatasi kekhawatiran para konten kreator tentang stres dan kesejahteraan, khususnya untuk pelacakan jumlah subscriber secara real-time," tulis pihak YouTube dalam blog resminya, Minggu (1/9/2019).

Penerapan format penulisan angka jumlah subscriber ini sendiri berlaku untuk kanal yang memiliki jumlah pelanggan yang tercatat lebih dari tiga digit, atau lebih dari 1.000 subscriber.

Ketika jumlah subscriber lebih dari 999, maka penulisan format angka akan mulai disingkat hingga menjadi maksimal tiga digit. Misalnya, jika sebuah akun memiliki 4.399 subscriber maka tampilan jumlah tersebut akan ditulis menjadi 4.39K.

Baca Juga: Mencicipi kopi wine khas Toba di Starbucks-nya Pulau Samosir

Begitu pula pada akun dengan jumlah subscriber lebih dari 10 juta. Pada kanal yang memiliki 123.456.789 subscriber misalnya, penulisan angka akan disingkat menjadi 123M. Kendati jumlah subscriber secara rinci disembunyikan dari publik, para pemilik kanal bakal bisa melihat rincian angka tersebut di antarmuka website YouTube Studio.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul YouTube Ubah Format Angka Jumlah Subscriber

Penulis : Bill Clinten

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Azis Husaini
Tag

Terbaru