4 Jurus antikalap saat belanja online supaya tidak boros

Jumat, 30 Oktober 2020 | 11:14 WIB Sumber: Kompas.com
4 Jurus antikalap saat belanja online supaya tidak boros

ILUSTRASI. Belanja online. KONTAN/Muradi/2020/05/12


TIPS BELANJA - JAKARTA. Masyarakat harus mengubah sejumlah perilakunya saat pandemi. Salah satu perubahan yang paling kentara adalah kecenderungan orang untuk berbelanja online dan menggunakan metode pembayaran digital. 

Barang-barang yang dibeli masyarakat lewat belanja online pun semakin bervariasi. Studi Nielsen yang dimuat dalam laman Big Commerce menemukan, selain kebutuhan sekunder, tujuan orang berbelanja online juga untuk memenuhi keperluan primer macam pangan, produk kesehatan, dan kebutuhan anak. 

Jauh sebelum pandemi, belanja online sebenarnya sudah menjadi tren di kalangan masyarakat karena dianggap praktis dan menguntungkan. Cukup buka aplikasi marketplace yang ada dalam smartphone, barang-barang kebutuhan sudah bisa terpenuhi. 

Selain itu, belanja online juga memberikan kemudahan dalam hal pembayaran. Salah satunya, bisa menggunakan debit online. Sistem pembayaran tersebut bekerja dengan memotong saldo tabungan secara otomatis. Kamu pun tak perlu repot transfer atau pergi ke ATM. Tinggal pilih metode pembayaran debit online, masukkan nomor kartu debit, informasi expired date, dan kode CVC. 

Baca Juga: Sebanyak 163.164 UMKM jadi penyedia barang dan jasa pemerintah

Setelah itu, kamu tinggal konfirmasi dan verifikasi dengan memasukkan kode One-Time Password (OTP) yang diterima via SMS. 

Belanja online memang mudah dan simpel. Meski begitu, jangan sampai kemudahan tersebut bikin kamu jadi boros. Coba terapkan jurus antikalap berikut saat belanja online. 

1. Susun daftar belanjaan 

Sama halnya saat berbelanja di toko, belanja online juga butuh perencanaan. Dengan daftar belanjaan, kamu bisa mengingat sekaligus membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Kedua hal tersebut wajib dibedakan karena tak jarang seseorang jadi impulsif akibat tergiur promo-promo yang ada di situs belanja online. Inilah yang menjadi cikal bakal keborosan. 

Selain itu, daftar belanjaan juga membantu kamu dalam menyusun skala prioritas dari kebutuhan yang ada beserta anggarannya. 

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru