5 Tips Merawat Mobil saat PPKM yang Mudah Dilakukan

Kamis, 17 Februari 2022 | 14:34 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
5 Tips Merawat Mobil saat PPKM yang Mudah Dilakukan

ILUSTRASI. Tips merawat mobil saat PPKM. KONTAN/Carolus Agus Waluyo.


OTOMOTIF - Pemerintah kembali menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Berikut ini tips merawat mobil atau kendaraan saat PPKM.

Kala penerapan PPKM, sebagian masyarakat banyak yang kembali melakukan rutinitas pekerjaan dari rumah atau work from home (WFH). 

Hal ini membuat kendaraan, khususnya mobil yang biasa digunakan ke kantor mungkin tidak akan sering dikendarai, atau bahkan terparkir lama di garasi rumah.

Pada saat yang sama, mobil juga tetap membutuhkan perawatan agar tetap dalam kondisi optimal ketika akan digunakan beraktivitas kembali. 

Untuk itu, Daihatsu memberikan tips menjaga dan merawat kendaraan saat PPKM. 

Baca Juga: Banyak Diidamkan Orang, Ternyata Ini Kerugian Tinggal di Rumah Besar

5 Tips merawat kendaraan saat PPKM 

Dirangkum dari keterangan resmi Daihatsu, berikut adalah 5 tips merawat mobil atau kendaraan saat PPKM:

1. Rutin memanaskan mesin mobil

Memanaskan mesin mobil secara teratur paling tidak sesekali dalam seminggu untuk menjaga daya yang tersimpan pada aki mobil. Sebab, mobil yang tidak dipakai dapat mengalami penurunan daya setiap hari dari kapasitas totalnya.

2. Menjaga tekanan angin ban

Menjaga tekanan angin ban dengan menambah sekitar 5% dari tekanan angin normalnya adalah salah satu tips merawat mobil selama PPKM. 

Pemilik kendaraan juga dianjurkan untuk menggerakan kendaraan maju-mundur ketika sedang memanaskan mesin agar beban kendaraan pada permukaan bidang ban dapat bertumpu merata, dan mencegah kerusakan flat spot pada ban.

Baca Juga: 4 Tips Membersihkan Rumah Menjelang Tahun Baru Imlek

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru