7 Contoh Benda Langit yang Dapat Dilihat Langsung Tanpa Menggunakan Teleskop

Selasa, 31 Mei 2022 | 11:05 WIB   Penulis: Arif Budianto
7 Contoh Benda Langit yang Dapat Dilihat Langsung Tanpa Menggunakan Teleskop

ILUSTRASI. 7 Contoh Benda Langit yang Dapat Dilihat Langsung Tanpa Menggunakan Teleskop


SPACE - Inilah 7 contoh benda langit yang dapat dilihat langsung tanpa menggunakan teleskop. Apakah Anda familiar dengan beberapa contoh benda langit yang bakal kita bahas kali ini?

Perkara jarak bukanlah sebuah hambatan yang berarti. Begitu pula dengan benda langit yang jaraknya mungkin sulit untuk kita gapai, namun masih bisa terlihat pada momen dan saat-saat tertentu.

Seperti yang kita ketahui benda langit atau istilah lainnya objek astronomi adalah objek fisik atau struktur di alam semesta teramati.

Termasuk benda-benda yang terdapat di luar angkasa, seperti planet, bintang, meteor, hingga matahari sebagai pusat tata surya kita.

Seperti yang dikatakan sebelumnya, jarak bukanlah sesuatu yang berarti karena kita masih bisa melihat benda langit tersebut. Bahkan, beberapa diantaranya dapat kita lihat tanpa menggunakan alat bantu, seperti teleskop atau teropong.

Sesuai dengan tema kita kali ini, akan membahas benda langit yang dapat dilihat langsung tanpa menggunakan alat bantu seperti teleskop. Tak  perlu basa-basi lagi, simak selengkapnya berikut ini.

Sistem tata surya

1. Matahari

Meskipun Matahari memang dapat dilihat dengan mudah tanpa menggunakan alat bantu optik, tetapi Anda jangan coba-coba ya.

Sebagai pusat tata surya, Matahari punya peran penting dalam keberlangsungan sistem ini.

Fakta menarik dari Matahari yang mungkin beberapa orang belum tahu adalah benda langit ini ternyata merupakan bintang. 

Ya, sesuai dengan definisi bintang yaitu benda langit yang dapat mengeluarkan atau memancarkan cahanya sendiri.

2. Bulan

Bulan adalah salah satu contoh benda langit yang mungkin sebagian orang tidak jarang melihatnya pada malam hari. 

Kebalikan dari Matahari, bulan menghiasi langit ketika malam datang. Sebagai satelit alami Bumi, bulan dapat dilihat dengan mudah tanpa harus menggunakan alat bantu seperti teleskop.

Bahkan, Bulan terkadang terlihat lebih cantik ketika memasuki fase-fase tertentu. Salah satunya pada saat fase Bulan purnama yang membuat pemandangan langit malam patut dinantikan kehadirannya.

3. Bintang

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, bintang adalah bena langit yang dapat memancarkan cahaya sendiri.

Cahaya tersebut berasal dari reaksi fusi nuklir yang menghasilkan energi yang terjadi pada intinya.

Bintang merupakan salah satu benda langit yang mudah dilihat ketika malam hari. Tidak jarang, mereka juga berdampingan dengan Bulan, menghiasi indahnya langit malam yang mulai terasa sunyi saat larut.

Baca Juga: Ini Pengertian Benda Langit, Lengkap dengan 5 Contoh yang Populer

Editor: Arif Budianto

Terbaru