7 Komponen Penting Komputer beserta Fungsi Setiap Bagiannya

Selasa, 21 Mei 2024 | 15:46 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
7 Komponen Penting Komputer beserta Fungsi Setiap Bagiannya

ILUSTRASI. Komputer PC Ilustrasi


KOMPUTER - JAKARTA. Ada 7 komponen Komputer atau PC yang memiliki fungsi penting. Untuk mengoperasikan sebuah komputer, terdapat komponen utama yang harus terpenuhi.

Keberadaan ketiganya ini memiliki peran yang sangat penting, sehingga kurang satu saja dari 3 komponen ini, maka bisa dipastikan komputer tidak akan dapat dioperasikan.

Ketiga komponen yang dimaksud adalah perangkat keras (Hardware), perangkat lunak (Software), dan juga manusia/pengguna (Brainware).

Komputer terdiri dari banyak bagian yang berbeda, seperti motherboard, CPU, RAM, dan hard drive. Masing-masing bagian tersebut terdiri dari bagian-bagian yang lebih kecil yang disebut komponen.

Baca Juga: Cara Mematikan Laptop Windows dengan Benar lewat Keyboard

Komponen dan Bagian Komputer

Komputer Asus

Misalnya, motherboard mencakup konektor listrik, papan sirkuit tercetak (PCB), kapasitor, resistor, dan transformator.  Semua komponen ini bekerja sama untuk membuat motherboard berfungsi dengan bagian komputer lainnya.

CPU mencakup komponen seperti sirkuit terintegrasi, sakelar, dan transistor yang sangat kecil. Komponen-komponen ini memproses informasi dan melakukan perhitungan.

Secara umum, komponen adalah elemen dari kelompok yang lebih besar. Oleh karena itu, bagian komputer yang lebih besar, seperti CPU dan hard drive, juga dapat disebut sebagai komponen komputer.

Namun secara teknis, komponen adalah bagian kecil yang menyusun perangkat tersebut. Setiap komputer terdiri dari lima bagian dasar yaitu motherboard, unit pengolah pusat (CPU), unit pengolah grafis (GPU), memori akses acak (RAM), dan penyimpanan (hard disk atau solid-state drive).

Baca Juga: Sudah Tahu Belum? Begini Caranya Mematikan Laptop atau PC Sampai Benar-benar Mati

Perkembangan teknologi software juga mempengaruhi kondisi performa dari spesifikasi komponen yang terus berkembang.

Sehingga ini berkaitan dengan perkembangan kemajuan komputer.

  • Kecepatan: Komputer dapat melakukan jutaan perhitungan per detik. Kecepatan komputasinya sangat cepat.
  • Akurasi: Karena komputer beroperasi pada perangkat lunak yang telah diprogram sebelumnya, tidak ada ruang untuk kesalahan manusia.
  • Ketekunan: Mereka dapat melakukan perhitungan yang rumit dan panjang pada waktu yang sama dan dengan akurasi yang sama.
  • Serbaguna: Komputer dirancang agar serbaguna. Mereka dapat melakukan banyak operasi pada waktu yang bersamaan.
  • Penyimpanan: Komputer dapat menyimpan sejumlah besar data/instruksi dalam memorinya, yang dapat diambil kapan saja.

Berikut penjelasan singkat tentang masing-masing komponen penting komputer, dirangkum dari Buku Ajar Komputer SCOPINDO.

1. Motherboard

Motherboard MSI

Salah satu komponen paling utama adalah papan sirkuit utama tempat semua komponen elektronik utama dipasang, termasuk CPU, pengontrol memori, dan komponen periferal seperti kartu suara dan kartu grafis.

Saat perangkat Komputer menyala, program akan mendapatkan "nyawa" dari Motherboard. Saat kondisi rusak atau error, makan kinerja kompueter akan terganggu.

2. CPU

CPU

Sering disebut sebagai otak komputer, CPU atau Central Processing Unit dapat menangani semua instruksi dari program komputer. Terdiri dari Arithmetic Logic Unit (ALU) dan Control Unit, CPU melakukan operasi aritmatika, logika, dan kontrol dasar.

3. GPU

Nvidia RTX 3090 salah satu jenis GPU

GPU atau Graphics Processing Unit dapat mengandung ratusan core yang membantu dalam menghasilkan visual berkualitas tinggi dan mempercepat pemrosesan grafis.

Memori volatil yang menyimpan program aplikasi, sistem operasi, dan data yang sedang digunakan. Data dalam RAM atau Random Access Memory dapat diakses dengan cepat oleh CPU, namun akan hilang saat komputer dimatikan.

4. Memori

Kingston salah satu merk produsen SSD

Komponen penting lainnya adalah keberadaan Hard disk drive (HDD) dan solid-state drive (SSD). Kedua jenis memori ini bertugas untuk menyimpan data secara permanen.

HDD menyimpan data di piringan magnetis, sedangkan SSD menyimpan data pada sirkuit terpadu, memungkinkan akses data yang lebih cepat.

5. Monitor

HUAWEI MateView GT

Monitor bekerja dengan kartu video, yang terletak di dalam casing komputer, untuk menampilkan gambar dan teks di layar. Sebagian besar monitor memiliki tombol kontrol yang memungkinkan Anda mengubah pengaturan tampilan monitor, dan beberapa monitor juga memiliki speaker internal.

Monitor yang lebih baru biasanya memiliki layar LCD (liquid crystal display) atau LED (light-emitting diode). Ini dapat dibuat sangat tipis, dan sering disebut layar panel datar.

Monitor lama menggunakan tampilan CRT (tabung sinar katoda). Monitor CRT jauh lebih besar dan berat, serta memakan lebih banyak ruang meja.

6. Keyboard dan Mouse

Keyboard dan Mouse

Keyboard adalah salah satu cara utama untuk berkomunikasi dengan komputer. Ada banyak jenis keyboard yang berbeda, namun sebagian besar sangat mirip dan memungkinkan Anda menyelesaikan tugas dasar yang sama.

7. Power Supply Unit

Power supply

Terakhir, Power Supply Unit atau Unit catu daya (PSU) dikenal sebagai catu daya atau catu daya komputer. Ini merupakan komponen perangkat keras yang menyuplai kelistrikan ke internal komputer.

Sehingga, PSU akan mengubah arus bolak-balik primer (AC) dari stopkontak menjadi arus searah (DC) bertegangan rendah yang digunakan oleh motherboard, prosesor, hard drive, dan komponen lainnya.

Apabila tidak ada PSU, maka semua perangkat Komputer yang membutuhkan aliran listrik tidak akan bekerja dengan baik.

Nah, melihat dari keseluruhan, saat salah satu dari komponen tidak terpenuhi, makan komputer tidak bisa dijalankan dengan baik. Itulah komponen Komputer atau PC yang memiliki fungsi penting.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru