7 Tips Cerdas Memanfaatkan Smartphone Sebagai Modal Cari Duit

Kamis, 21 April 2022 | 12:33 WIB   Reporter: Tim KONTAN
7 Tips Cerdas Memanfaatkan Smartphone Sebagai Modal Cari Duit

ILUSTRASI.


GAYA HIDUP - Saat ini, hampir setiap orang memiliki smartphone. Perangkat mobile ini digunakan untuk berkomunikasi, mencari informasi, melakukan transaksi, bahkan merekam momen melalui kamera. Kecanggihan teknologi pada smartphone membuat fungsinya semakin lengkap dan menguntungkan bagi pengguna.

Akan tetapi, masih banyak orang yang belum bisa memanfaatkan smartphone dengan bijak. Perangkat ini hanya dijadikan sebagai hiburan atau alat untuk mengisi waktu. Faktanya, smartphone bisa menjadi modal untuk memperoleh penghasilan. Untuk mewujudkan itu, Anda bisa kredit Hp Traveloka dengan mudah.

Lalu, bagaimana cara cerdas memanfaatkan smartphone untuk cari duit? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

1.  Mereview Produk Tertentu

Setelah menggunakan produk tertentu, Anda pasti memiliki kesan dan pengalaman khusus. Apabila produknya cocok dengan kebutuhan Anda, kesan yang didapatkan akan bersifat positif. Sebaliknya, jika produk tersebut tidak sesuai dengan ekspektasi, Anda biasanya akan memiliki kesan negatif.

Meskipun terkesan subjektif, pengalaman tersebut bersifat jujur dan apa adanya. Pengalaman yang Anda rasakan bisa dibagikan kepada orang lain yang membutuhkan informasi sebelum membeli barang sama. Banyak pemilik brand yang mencari orang seperti Anda dan membayar untuk review tersebut.

Nah, Anda bisa memanfaatkan smartphone untuk membuat review. Mulai dengan memotret benda yang akan di-review atau merekam cara penggunaannya dalam bentuk video. Semua itu dimungkinkan dengan fitur kamera yang ada di ponsel.

2. Ikut Dalam Program Afiliasi

Anda bisa memanfaatkan smartphone untuk mendapatkan uang dengan cara ikut program afiliasi. Afiliasi adalah kegiatan untuk mempromosikan produk tertentu sehingga banyak orang tertarik membeli atau menggunakannya. Anda sebagai afiliator akan memperoleh keuntungan dari komisi yang dihitung dari penjualan setiap produk.

Smartphone bisa Anda maksimalkan untuk memberikan informasi tentang produk afiliasi. Caranya bisa dengan berbagi melalui media sosial atau status Whatsapp. Dengan alat komunikasi yang stand by, Anda pun berkesempatan menjelaskan keunggulan produk kepada orang lain yang tertarik membelinya.

3. Menjadi Fotografer Profesional

Apakah Anda hobi melakukan kegiatan fotografi? Jangan biarkan minat tersebut hanya sebagai hiburan. Kegiatan memotret bisa menjadi salah satu cara untuk mendapatkan penghasilan. Tidak hanya dengan menggunakan kamera DSLR, Anda pun bisa memanfaatkan kamera ponsel. Pasalnya, kamera ponsel saat ini tak kalah canggih.

Hasil foto tersebut bisa dijual di situs khusus untuk jual beli foto. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan uang dengan menjual jasa memotret produk, mengikuti lomba fotografi berhadiah besar, dan masih banyak lagi. Hal yang penting dilatih adalah skill memotret objek dengan angle yang tepat.

4. Mengembangkan Bisnis Online

Berbekal smartphone, Anda bisa menjadi pengusaha online yang sukses. Hal ini dimungkinkan dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan saat ini. Anda tidak perlu membuat produk sendiri, tetapi bisa menjadi reseller atau dropshipper. Baik kegiatan  reseller maupun dropshipper bisa dilakukan berbekal smartphone.

Kegiatan jualan online bisa dimaksimalkan dengan media sosial. Anda juga bisa masuk ke grup chat dan mempromosikan dagangan kepada lebih banyak orang. Dengan demikian, peluang untuk menghasilkan penjualan pun lebih besar. Memiliki smartphone akan memudahkan Anda dalam merespons permintaan pembelian.

5. Menjadi Content Creator

Saat ini, profesi content creator sedang naik daun. Anda bisa menjadi content creator di YouTube, media sosial seperti Instagram atau TikTok, atau bahkan podcast. Semua itu berpeluang menjadi ladang cuan jika Anda pandai mengelolanya. Anda bisa dikontrak oleh brand untuk mempromosikan produk. Bahkan, dari YouTube, Anda bisa memperoleh penghasilan dari jumlah view penonton.

Tugas content creator adalah membuat konten yang disukai oleh audiens. Semakin menarik konten yang dibuat, kesempatan untuk meraih lebih banyak view dan audiens juga akan semakin besar. Tidak usah khawatir, berbekal smartphone saja, Anda bisa menciptakan konten yang berpotensi viral. Kuncinya pada ide yang kreatif.

6. Membuat Desain Sederhana

Ada beberapa aplikasi smartphone yang memudahkan pengguna membuat desain sederhana. Desain tersebut bisa digunakan untuk kepentingan sendiri. Namun, Anda pun dapat menawarkan jasa membuat desain sederhana kepada orang yang membutuhkan.

Sebagai contoh, desain feed postingan di Instagram dengan menggunakan aplikasi Canva. Meskipun terkesan sederhana, ada juga orang yang membutuhkannya. Biasanya mereka adalah orang yang sibuk mengelola bisnis sehingga tidak sempat memperhatikan dan mengurus media sosial brand tersebut.

7.  Menjadi Admin Media Sosial

Peluang lainnya adalah menjadi admin media sosial. Untuk menjadi admin media sosial, Anda harus memiliki perangkat smartphone yang memadai. Tugas admin adalah mengelola akun media sosial. Bukan hanya membuat konten, tetapi menjawab pertanyaan dari follower.

Fungsi media sosial bagi brand sangat penting. Media sosial bisa menjadi sarana untuk berinteraksi kepada pelanggan, membagikan informasi dan melakukan promosi kepada pelanggan, dan sebagainya. Admin media sosial mewakili pemilik brand dalam menghadapi pelanggan sehingga harus memahami produk yang dijual.

Nah, inilah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menghasilkan uang dengan menggunakan smartphone. Apabila saat ini Anda belum memiliki dana untuk membeli smartphone yang memadai, manfaatkan fitur PayLater dari Traveloka. Setelah mendapatkan penghasilan, Anda pun bisa membayar cicilan dengan mudah. Siap untuk mencobanya?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Indah Sulistyorini

Terbaru