8 Manfaat memelihara kucing menurut penelitian ilmiah

Jumat, 13 November 2020 | 11:08 WIB Sumber: Kompas.com
8 Manfaat memelihara kucing menurut penelitian ilmiah

ILUSTRASI. 8 Manfaat memelihara kucing menurut penelitian ilmiah. ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman/wsj.


KUCING - Jakarta. Memelihara kucing bisa memberikan banyak manfaat. Bukan hanya kesenangan dan melepas stress, manfaat memelihara kucing juga baik untuk kesehatan. Asalkan kucing peliharaan dirawat dan dijaga kebersihannya.

Kucing menjadi salah satu binatang favorit untuk menjadi peliharaan. Bulunya yang halus, tingkahnya yang lucu dan manja membuat hewan ini semakin menggemaskan. Selain itu, memelihara kucing juga mendatangkan manfaat bagi kesehatan.

Berikut adalah delapan manfaat memelihara kucing bagi kesehatan.

1. Menurunkan risiko penyakit jantung

Sama seperti anjing, manfaat memelihara kucing dapat menurunkan stres. Dalam jangka panjang, stres yang terkendali dapat memiliki efek langsung pada risiko penyakit kardiovaskular, termasuk hipertensi, jantung, dan stroke. Dengan demikian, manfaat memelihara juga baik untuk kesehatan jantung.

Baca juga: Promo Tupperware November 2020 harga murah perabotan bekal jalan-jalan akhir pekan

2. Membantu anak penyandang autis

Manfaat memelihara kucing yang lainnya adalah dapat membantu anak penyandang autis. Peneliti dari University of Missouri, AS, menemukan bahwa interaksi sosial anak autis meningkat secara dramatis saat berada di sekitar hewan peliharaan. Dalam studi tersebut, separuh keluarga yang berpartisipasi dalam studi memelihara kucing.

Orangtua melaporkan keterikatan yang kuat terbentuk antara mereka dan anak-anak mereka. "Keterampilan sosial semacam ini biasanya sulit bagi anak-anak autisme," kata Gretchen Carlisle, peneliti di Pusat Penelitian Interaksi Manusia-Hewan.

Selain itu, ketegasan komuniasi anak-anak juga lebih besar jika mereka tinggal dengan hewan peliharaan.

Simak manfaat memelihara kucing lainnya di halaman selanjutnya

Editor: Adi Wikanto

Terbaru