Alex Setyawan sulit meninggalkan hobi masa kecil

Jumat, 05 April 2019 | 17:17 WIB   Reporter: Wuwun Nafsiah
Alex Setyawan sulit meninggalkan hobi masa kecil


TOKOH - Kegemaran yang dimulai dari kecil terkadang sulit ditinggalkan. Seberapa sulit? Tanyakan saja sama Alex Setyawan WK. Direktur Utama Sinarmas Asset Management ini teramat sulit, bahkan belum move on dari hobi masa kecilnya: mengumpulkan miniatur mobil. "Dari kecil saya suka koleksi miniatur mobil. Kalau mobil beneran mahal, belum bisa, jadi beli yang kecil," tuturnya.

Tidak ada alasan khusus yang membuat Alex begitu tertarik pada pada miniatur mobil. Yang jelas, ayah dua anak ini selalu ingin membeli ketika melihat jenis yang dia suka sudah mejeng di toko mainan. "Asal senang di mata, saya beli," lanjut dia.

Makanya, Alex tidak mencari kriteria miniatur mobil secara khusus. Memang, ia lebih suka miniatur mobil kuno, seperti jenis Volkswagen (VW). Tetapi ia juga mengoleksi mobil jenis lain. Ini membuat koleksinya semakin beragam.

Apalagi, Alex juga bukan tipe kolektor yang terpaku pada jenis tertentu. Jika ada jenis miniatur yang sulit dicari, Alex akan berganti mencari jenis lain. "Dulu pernah mau mencari seri tertentu, jenis VW kecil itu kan susah, harus online. Karena dulu belum umum beli online dan takut salah, akhirnya nggak jadi," ungkapnya.

Kini Alex sudah mengumpulkan ratusan miniatur mobil, baik dari dalam maupun luar negeri. Bahkan, lelaki yang juga gemar travelling ini sampai kehabisan tempat untuk memajang koleksinya. Alhasil, Alex harus mulai menahan keinginan untuk membeli yang baru.

Seperti jenis koleksinya yang beragam, harga miniatur mobil Alex juga bervariasi. Untuk yang paling mahal, lulusan Ohio State University ini rela merogoh kocek Rp 2 juta untuk sebuah mobil mainan. Sementara yang paling murah harganya Rp 20.000-Rp30.000 saja.

Meski lama menjadi kolektor miniatur mobil, Alex mengaku tidak ikut serta dalam komunitas kolektor. Ia juga tidak pernah memperjualbelikan koleksinya. "Tidak ada waktu ikut komunitas," pungkasnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wuwun Nafsiah

Terbaru