ASEAN dukung Indonesia jadi tuan rumah Piala Dunia 2034

Rabu, 09 Oktober 2019 | 03:00 WIB   Reporter: kompas.com
ASEAN dukung Indonesia jadi tuan rumah Piala Dunia 2034


PIALA DUNIA - MANILA. Delegasi Indonesia yang dipimpin Sekretaris Menteri Pemuda dan Olahraga Gatot S. Dewa Broto menghadiri acara the 9th ASEAN Senior Officials Meeting on Sports (SOMS-9) di Manila, Filipna, Senin (7/10).

Pertemuan antara wakil-wakil negara se-ASEAN itu akan berlangsung hingga Selasa (8/10), dan berlanjut ke Rabu (9/10) untuk tingkat the 5th ASEAN Ministerial Meeting (AMMS-5).

Dalam pertemuan itu, berbuah beberapa keputusan. Beberapa hal yang penting yang dibahas dan disepakati pada hari pertama adalah pencalonan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia 2034.

Meski Indonesia sudah mengusulkan diri bersama Australia untuk mencalonkan menjadi salah satu co-host Piala Dunia 2034, ASEAN tetap mendukung kedua negara tersebut.

Sebelum SOMS-9, Gatot S. Dewa Broto sudah berkonsultasi dengan PSSI. Yang intinya, perlu pembahasan bersama antara AFC, AFF, dan Sekretariat ASEAN.

"Tidak mungkin seluruh negara ASEAN menjadi lokasi pertandingan (maksimal mungkin tiga negara), masing-masing negara harus melakukan koordinasi dengan federasi sepakbolanya," ucap Gatot.

"ASEAN harus memanfaatkan momentum giliran kawasan Asia di tahun 2034 dengan maksimal, karena jika tidak akan jatuh pada China," katanya.

Sejak Piala Dunia resmi digelar pertama kali pada 1930 silam, hanya tiga negara Asia yang berhasil menjadi tuan rumah pesta sepak bola terbesar di dunia itu. Ketiga negara tersebut adalah Jepang, Korea Selatan, dan Qatar.

Jepang bersama Korea Selatan menjadi tuan rumah Piala Dunia 2002. Sedang Qatar bakal menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022.

Selain pembahasan pencalonan Piala Dunia 2034, seluruh negara ASEAN yang hadir dalam SOMS-9 juga mendukung sepenuhnya pencalonan Indonesia untuk bidding Piala Dunia U-20 2021.

Penentuan lolos atau tidaknya Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2021 pada 23 atau 24 Oktober 2019 nanti. Indonesia akan bersaing dengan Brasil dan Peru.

Penulis: Nirmala Maulana Achmad

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Indonesia Dapat Dukungan Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2034"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: S.S. Kurniawan

Terbaru