Banyak Dibuka, Ini Tips Menulis Motivation Letter untuk Daftar Beasiswa

Jumat, 03 Juni 2022 | 16:08 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Banyak Dibuka, Ini Tips Menulis Motivation Letter untuk Daftar Beasiswa

ILUSTRASI. Banyak Dibuka, Ini Tips Menulis Motivation Letter untuk Daftar Beasiswa.


BEASISWA -Jakarta.  Anda akan mendaftar beasiswa untuka melanjutkan pendidikan? Simak tips tentang cara menulis motivation letter untuk mendaftar beasiswa ini.

Motivation letter merupakan salah satu dokumen persyaratan beasiswa yang wajib dilampirkan oleh pemalar beasiswa.

Motivation letter atau esai tentang motivasi diri adalah salah satu dokumen penting yang menjadi syarat untuk mendaftar beasiswa. 

Dokumen ini menjadi media pemberi beasiswa untuk melihat motivasi, cita-cita hingga latar belakang calon penerima beasiswa. 

Baca Juga: Waspada! Ini Ciri-Ciri Skincare Palsu, Salah Pilih Produk Bisa Rusak Kulit Wajah

Dalam esai tersebut pemberi beasiswa juga bisa mengetahui kelebihan serta capaian yang sudah diraih peserta. 

Agar bisa mendapatkan nilai tambah dan menarik minat pemberi beasiswa, membuat motivation letter tentu tidak boleh sembarangan. 

Melansir Instagram Direktorat Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kemendikbud Ristek memberikan tips jitu menulis motivation letter beasiswa melalui Instagramnya. 

Apa saja tips membuat motivation letter tersebut? Mari simak bersama tips berikut ini. 

Tips jitu membuat motivation letter beasiswa

1. Pertama Anda perlu menyiapkan kerangka tulisan. Hal ini bisa memudahkan alur penulisan serta menjaga struktur tulisan sejak awal. 

2. Kenali diri Anda lebih jauh. Pahami apa saja keunggulan, kekurangan, pengalaman, cita-cita, tujuan hidup, hingga alasan mengapa ingin melanjutkan pendidikan. 

3. Jangan lupa untuk melakukan banyak riset serta mencari informasi tentang karakteristik kampus dan jurusan yang akan dituju. 

4. Untuk memperkuat motivation letter yang Anda buat, berikan bukti konkret atas pencapaian yang telah Anda raih selama menempuh pendidikan di instansi sebelumnya.

Baca Juga: Ketentuan Terbaru Nilai Ambang Batas SKD Sekolah Kedinasan 2022, Peserta Perlu Catat

5. Tips terakhir untuk membuat motivation letter adalah memastikan semua informasi yang disampaikan komprehensif dan memiliki korelasi kuat antara kemampuan dan pengalaman dengan jurusan yang akan dituju. 

Selain membuat motivation letter dengan baik, jangan lupa perhatikan persyaratan lain seperti ijazah hingga transkrip nilai agar sukses mendapatkan beasiswa impian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru