Baru meluncur, Daihatsu kasih diskon Xenia Rp 12 Juta

Kamis, 14 Februari 2019 | 13:28 WIB Sumber: Kompas.com
Baru meluncur, Daihatsu kasih diskon Xenia Rp 12 Juta


OTOMOTIF - JAKARTA. PT Astra Daihatsu Motor (ADM) resmi meluncurkan Xenia baru pada 15 Januari 2019 silam. Dengan alasan untuk mangapresiasi konsumen, Daihatsu pun tidak menaikkan harga Xenia baru, atau tetap dibanderol sama dengan model lawasnya. 

Menariknya, kini calon konsumen Xenia baru diberikan keringanan lainnya, yakni berupa diskon sebesar Rp 12 juta. Lantas apa tujuan dibalik Daihatsu berani memberikan diskon untuk produk yang baru saja meluncur satu bulan lalu. 

Respons ini pun langsung ditanggapi oleh Direktur Pemasaran ADM Amelia Tjandra. Menurut wanita yang akrab disapa Amel, pemberikan diskon Rp 12 juta merupakan bagian dari strategi untuk menggairahkan minat konsumen pada Xenia baru. 

"Sebelumnya saya sharing tadi kalau Xenia lama diskon hingga Rp 24 juta. Bahkan kompetitor ada yang sampai kasih diskon Rp 30-35 juta, sekarang Xenia baru Rp 12 juta. Diskon ini pengaruhnya ke down payment (DP), kita berikan diskon agar meringankan, apalagi konsumen kami 70% itu beli secara kredit," ucap Amel di Sibolga, Sumatera Utara, Rabu (13/2). 

Tanpa ada diskon, menurut Amel akan sulit bagi konsumen untuk membeli mobil, apalagi DP minimum itu 20% dari harga mobil. Berangkat dari situ, Daihatsu rela memberikan tawaran memangkas harga agar Xenia baru bisa terserap pasar. 

Menurut Amel, sebenarnya diskon pada mobil baru saat ini bukan hal yang aneh, karena pada realitasnya tak hanya Daihatsu yang menerapkan strategi tersebut. 

Saat merancang kisaran diskon, Amel menceritakan bila Daihatsu juga melihat pasar pesaingnya yang menerapkan iming-iming potongan harga, termasuk skema paket kreditnya. 

"Yang menentukan diskon itu market, ini kita bicara dalam konteks konsumen Daihatsu, kalau untuk konsumen yang high end saat ada launching produk pasti tidak memusingkan DP, karena bisa bayar cash. Tapi Xenia ini kan lebih banyak yang melakukan pembelian secara kredit, jadi kita juga harus memikirkan strategi agar terjangkau," ucap Amel. (Stanly Ravel)

 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Baru Meluncur, Daihatsu Kasih Diskon Xenia Rp 12 Juta"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tendi Mahadi

Terbaru