Benda Langit yang Mengelilingi Matahari Selain Planet, Lengkap dengan Penjelasannya

Selasa, 17 Mei 2022 | 10:21 WIB   Penulis: Arif Budianto
Benda Langit yang Mengelilingi Matahari Selain Planet, Lengkap dengan Penjelasannya

ILUSTRASI. Benda Langit yang Mengelilingi Matahari Selain Planet, Lengkap dengan Penjelasannya


KONTAN.CO.ID - Inilah benda langit yang mengelilingi Matahari selain planet. Diantaranya seperti asteroid, meteoroid, komet, hingga bulan, yuk simak penjelasan masing-masing selengkpnya di sini.

Benda langit yang terdapat di alam semesta ini begitu banyak. Beberapa diantaranya yang kita kenal contohnya seperti Matahari, Planet, Bulan, Bintang, dan lain sebagainya.

Daftar Isi

Seperti yang kita ketahui, planet merupakan salah satu benda langit yang mengelilingi Matahari. Setidaknya ada delapan planet yang kita ketahui bergerak mengelilingi Matahari sesuai dengan orbitnya masing-masing.

Terlepas dari semua itu, tahukah Anda bahwa tidak hanya planet yang mengelilingi Matahari. Beberapa benda langit lainnya juga bergerak mengelilingi Matahari.

Mau tahu apa saja? Yuk simak pembahasan kali ini tentang benda langit yang mengelilingi Matahari selain planet, berikut daftarnya.

Baca Juga: Usai Akhir Pekan Kemarin, Kapan Gerhana Bulan Total Akan Kembali Terjadi?

Sistem tata surya

1. Bulan

Bulan adalah benda langit sekaligus satelit alami planet Bumi. Selain mengelilingi Bumi setiap 27,3 hari sekali, Bulan juga bergerak mengelilingi Matahari pada waktu yang bersamaan.

Butuh waktu yang sedikit lebih lama bagi Bulan untuk memperlihatkan fase yang sama ke Bumi, yaitu sekitar 29,5 hari (periode sinodik).

Periode sinodik atau sinodis adalah interval sementara yang dibutuhkan benda untuk muncul kembali di titik yang sama relatif terhadap dua benda lain (node linier).

COntohnya ketika Bulan relatif terhadap Matahari dilihat dari Bumi kembali ke fase iluminasi yang sama.

2. Asteroid

Selain planet, asteroid juga merupakan benda langit yang mengelilingi Matahari. Tidak seperti planet, asteroid jauh lebih kecil tetapi lebih besar daripada meteoroid yang umumnya terdapat di bagian dalam Tata Surya.

Baca Juga: Nama-Nama Planet di Tata Surya Bagian Dalam & Bagian Luar, Bumi Masuk Mana?

3. Meteoroid

Mungkin sebagian orang mengenal planet sebagai beberapa benda langit yang mengelilingi Matahari. Namun demikian, masih ada benda langit lainnya yang juga mengelilingi Matahari.

Termasuk Meteoroid, benda-benda kecil di Tata Surya dengan ukuran lebih kecil daripada asteroid tetapi masih lebih besar dari sebuah molekul.

Meteoroid berputar di sekitar Matahari atau benda dalam ruang antarplanet yang terlalu kecil untuk disebut sebagai asteroid atau komet.

4. Komet

Setelah menyimak beberapa hal di atas, kita jadi tahu beberapa benda langit selain planet yang juga mengelilingi Matahari. Masih belum berakhir, komet juga merupakan benda langit yang mengelilingi Matahari dengan garis edar berbentuk elips/lonjong, parabolis atau hiperbolis.

Benda langit yang memiliki ekor ini terbentuk dari es dan debu. Ketika komet mendekati Matahari, sebagian bahan penyusun komet akan menguap membentuk kepala gas dan ekor.

Demikian pembahasan terkait benda langit yang mengelilingi Matahari selain planet. Semoga artikel bertema benda langit kali ini bermanfaat dan membuka wawasan tentang pengetahuan menarik tentang astronomi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru