Bug di Android 11 sebabkan aplikasi dan game tidak berjalan full screen

Kamis, 22 Oktober 2020 | 10:52 WIB   Penulis: Arif Budianto
Bug di Android 11 sebabkan aplikasi dan game tidak berjalan full screen

ILUSTRASI. Bug di Android 11 sebabkan aplikasi dan game tidak berjalan full screen


ANDROID - Sistem operasi (OS) Android 11 telah rilis beberapa waktu yang lalu. Mungkin karena masih baru, bug kerap kali dirasakan oleh pengguna HP Android yang sudah update ke versi Android 11. Salah satu bug yang baru ini dirasakan adalah aplikasi yang dibuka di Android 11 tidak bisa full screen atau berjalan dalam layar penuh.

Sebagaimana kita ketahui, Android merupakan salah satu sistem operasi yang begitu populer. Bagaimana tidak? Hampir kebanyakan ponsel pintar atau smartphone yang ada di pasaran mungkin termasuk milik Anda juga menggunakan OS Android.

Hingga saat ini sudah banyak versi Android yang telah rilis dan digunakan oleh banyak ponsel pintar di seluruh dunia.

Terbarunya, Android telah menginjak versi terakhirnya yang ke-11. Rilis awal bulan September 2020 lalu, Android 11 memang belum banyak tersedia untuk banyak ponsel pintar.

Baru sebagian ponsel pintar high-end atau flagship telah mendapatkan update Android 11. 

Umurnya yang masih muda, membuat Android 11 belum begitu optimal berjalan di ponsel pintar. 

Mengutip dari Androidpolice.com, dilaporkan aplikasi khususnya game mobile di Android 11 tidak bisa berjalan dalam layar penuh. 

Bug Android 11, tombol navigasi masih terlihat meskipun sedang membuka aplikasi; Credit: Androidpolice

Bug ini menimbulkan aplikasi atau game yang sedang berjalan masih muncul bagian navigasi yang terlihat mengganggu.

Bagi sebagian orang mungkin bug ini tidak terlalu berpengaruh. Tetapi bagi gamer yang umumnya menggunakan satu layar penuh untuk mengontrol permainan pasti sangat mengganggu.

Ketika mereka ingin menekan tombol tertentu, tanpa disengaja mereka bisa menekan tombol navigasi. Sehingga menutupi layar mereka ketika bermain, dalam kondisi yang krusial pasti mereka sangat kesal.

Androidpolice juga mendapat laporan bahwa sebagian pengguna HP Samsung dengan Android 11 dan UI 3.0 merasakan bug tersebut. Dikatakan bug ini telah terjadi selama tahap beta Android 11.

Namun sampai sekarang pihak Google masih belum bisa membenahi bug yang cukup mengganggu ini.

Sementara waktu solusinya adalah membuka ulang aplikasi yang kedapatan tidak berjalan full screen. Mungkin tidak berjalan untuk semua aplikasi, tergantung aplikasi tertentu.

Semoga saja pihak terkait bisa segera membenahi bug yang cukup mengganggu ini. Seperti yang kita ketahui, kebanyakan HP Android saat ini layarnya semakin bezelless, sehingga tombol navigasi ikut menempel di layar.

Tidak seperti desain HP Android waktu dulu yang tombol navigasinya terpisah dengan layar. Sehingga tidak terlalu mengganggu ketika aplikasi tidak berjalan full screen atau dalam layar penuh, seperti bug tersebut.

Semoga saja pihak terkait seperti Google, vendor maupun developer terkait bisa membenahi permasalahan ini kelak.

Selanjutnya: Masih beta, kelak WhastApp web bisa melakukan panggilan telepon dan video call

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru