Bunga bangkai di Bekasi akan mekar sempurna

Jumat, 25 Maret 2016 | 18:10 WIB Sumber: Kompas.com
Bunga bangkai di Bekasi akan mekar sempurna


Bekasi. Bunga bangkai Amorphophallus gigas di Rumah Perubahan, Bekasi akan mekar sempurna sebentar lagi. Jangan lewatkan ya!

"Perkiraan mekar sempurna bisa seminggu lagi. Kita terus memantau perkembangannya," jelas Public Relation Rumah Perubahan, Dinar Wulandari, Kamis (24/3/2016).

Hingga Kamis (24/3/2016) pagi, ia memantau ketinggian batangAmorphophallus gigas yang ada di tengah kelopak bunga telah tumbuh mencapai tinggi 2,3 meter. Ketinggian bunga bangkai diperkirakan akan tumbuh hingga nanti mekar secara sempurna.

"Kalau Amorphophallus gigas mekar sempurna, batangnya bisa tumbuh sampai 4-5 meter," paparnya.

Amorphophallus gigas adalah jenis bunga bangkai endemik yang berasal dari Pulau Sumatera. Bunga bangkai tersebut juga sekeluarga dengan jenis Amorphophallus titanum.

Perbedaan Amorphophallus gigas dan Amorphophallus titanum terletak pada ketinggian batang maksimal ketika mekar. Amorphophallus gigas bisa mencapai 4-5 meter sedangkan Amorphophallus titanus kurang dari 4 meter.

Rumah Perubahan memiliki empat jenis bunga bangkai yang tumbuh di area kompleks. Empat jenis itu adalah Amorphophallus gigas,Amorphophallus titanum, Amorphophallus mulleri, danAmorphophallus variabilis.

Rumah Perubahan terletak di Jalan Raya Hankam, Jatimurni, Pondok Melati, Bekasi, Jawa Barat, tepatnya di dalam Gang Masjid di samping Gardu Induk PLN Jati Ranggon. Rumah Perubahan didirikan oleh Rhenald Kasali.

(Wahyu Adityo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru