Catat, akhir Oktober ikut Tour de Linggarjati

Selasa, 13 September 2016 | 15:37 WIB Sumber: Antara
Catat, akhir Oktober ikut Tour de Linggarjati


Jakarta. Lomba balap sepeda internasional yang dipadukan dengan upaya pengembangan wisata olahraga Tour de Linggarjati diluncurkan di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, Kantor Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Jakarta, Selasa.

Menteri Pariwisata Arief Yahya bersama Bupati Kabupaten Kuningan H. Acep Purnama meluncurkan event lomba balap sepeda internasonal Tour de Linggarjati (TdL) di Jakarta.

"Penyelenggaraan event sport tourism seperti ini efektif untuk mempromosikan sekaligus dapat mendatangkan wisman dan direct economy. Dari penyelenggaraan TdL 2016 misalnya dapat mendatangkan 250 wisman dari Malaysia (ASEAN) sebagai peserta dan akan terjadi direct economic sebesar Rp4,2 miliar," kata Menpar Arief Yahya.

Penyelenggaraan event wisata olahraga (sport tourism) berskala internasional yang kedua kali dan berlangsung di Kabupaten Kuningan, Jabar pada 28-30 Oktober 2016 itu menjadi upaya mempromosikan potensi pariwisata Kabupaten Kuningan.

Selain juga untuk memacu pembangunan infrastruktur daerah dan membuka akses wilayah untuk pasar dan investasi, sekaligus mendukung program Pesona Indonesia dan Wonderful Indonesia dalam mewujudkan target tahun ini 12 juta kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) dan 260 juta pergerakan wisatawan nusantara (wisnus) di Tanah Air.

Menteri Arief Yahya memberikan apresiasi terhadap penyelenggaraan TdL 2016 sebagai momentum yang efektif untuk mempromosikan potensi pariwisata Jabar dan Kabupaten Kuningan khususnya dalam upaya meningkatkan kunjungan wisatawan ke daerah tersebut. Tahun ini wilayah itu menargetkan mampu menjaring 3 juta wisnus dan 200 wisman sampai tutup tahun.

Bupati Kabupaten Kuningan H. Acep Purnama mengatakan, penyelenggaraan TdL 2016 diharapkan dapat mendorong percepatan pengembangan kepariwisataan di Kabupaten Kuningan yang menjadi salah satu daerah tujuan wisata favorit bagi wisnus.

Menurut dia, Kuningan ingin membuka akses pasar ke mancanegara untuk menjaring lebih banyak lagi wisman ASEAN khususnya dari Malaysia.

"Tujuan penyelenggaraan TdL 2016 selain untuk meningkatkan kunjungan wisatawan, juga sebagai upaya `revolusi mental' pembinaan generasi muda melalui cabang olah raga balap sepeda sekaligus untuk memperingati Hari Jadi Kabupaten Kuningan ke-518 dan peristiwa sejarah Perundingan Linggarjati ke-70," katanya.

Pelaksanaan TdL 2016 akan mengambil start dari Gedung Naskah Perundingan Linggarjati, Kabupaten Kuningan.

Para atlet balap sepeda ini akan unjuk kekuatan untuk memperebutkan sebagai juara dengan total hadiah sebesar Rp500 juta dengan mengayuh sepeda sepanjang 245 km melewati 20 kecamatan dan 200 desa di antaranya tempat-tempat wisata menarik di Kabupaten Kuningan.

TdL 2016 melombakan tiga kelas meliputi individual time trial (ITT), road race/circuit race, dan criterium untuk kategori elite (senior), junior, dan youth (pemula).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru