Cimahi bakal bangun wisata artifisial tematik

Jumat, 09 September 2016 | 22:40 WIB   Reporter: Yudho Winarto
Cimahi bakal bangun wisata artifisial tematik


BANDUNG. Pemerintah Kota Cimahi, Jawa Barat, berencana membangun wisata artifisial tematik untuk menjadikan destinasi wisata baru yang menarik dan berdampak pada kesejahteraan masyarakat.

"Kita akan menyusun perencanaan artifisial tematik wisata di Cimahi, untuk itu, kebutuhan ini menjadi modal kita bersama dalam melanjutkan pembangunan di rumah kita Cimahi," kata Wali Kota Cimahi Atty Suharti saat menggelar acara Sadar Wisata dan Sapta Pesona di Alun-alun Cimahi, Jumat (9/9).

Ia menuturkan Kota Cimahi tidak memilki sumber daya alam yang dapat dijadikan sebagai tujuan wisata, sementara potensi belanja dan kuliner belum dapat dibangun sebagai destinasi wisata.

Menurut dia potensi yang memiliki daya tarik wisata untuk dikembangkan yakni wisata militer, kuliner, industri tekstil, garmen, produksi batik, animasi, seni dan budaya.

"Potensi yang bisa dijadikan daya tarik wisata di Cimahi adalah Pusdik TNI, ragam kuliner, industri tekstil, garmen temasuk produksi batik, pengembangan teknologi telematika dan animasi dengan adanya Techno Park, seni budaya tradisional bambu dan seni lainnnya," kata Atty.

Ia menjelaskan potensi wisata yang ada di Kota Cimahi itu dapat dijadikan sebagai wisata artifisial yang tematik untuk dinikmati wisatawan.

"Potensi yang ada bisa dikemas menjadi rangkaian pertunjukan dan kegiatan yang bisa dinikmati sebagai bentuk wisata artifisial yang tematik," katanya.

Sementara itu, Kementerian Pariwisata menunjuk Kota Cimahi dari 90 kota/kabupaten di Indonesia untuk menggelar acara Sadar Wisata dan Aksi Sapta Pesona.

Atty berharap kegiatan Sadar Wisata dan Aksi Sapta Pesona menjadi pendorong untuk bergabungnya berbagai komponen terkait dalam kegiatan pariwisata sekaligus menyusun rencana bersama destinasi wisata di Kota Cimahi.

Ia juga berharap seluruh komponen masyarakat terlibat dalam proses pembangunan pariwisata, serta bersama-sama untuk menjadikan wisata di Cimahi tidak membosankan dan menjenuhkan.

"Sosialisasi Sadar Wisata dan Sapta Pesona harus dijadikan isu yang strategis, sekaligus dapat diaplikasikan dan menjadi upaya kesiapan kita dalam mensikapi para pelancong dan pelintas Kota Cimahi," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru