Cuci mobil sendiri dengan mesin bertekanan tinggi

Senin, 11 April 2011 | 10:00 WIB Sumber: Harian KONTAN, 11 April 2011
Cuci mobil sendiri dengan mesin bertekanan tinggi

ILUSTRASI. Petugas Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memantau monitor citra satelit cuaca di gedung BMKG, Jakarta, Jumat (10/1/2020).


Kendaraan selalu tampak kinclong dan berseri-seri adalah dambaan setiap pemilik kendaraan. Persoalannya, jika harus setiap hari mencuci mobil di jasa pencucian mobil steam, kantong bisa jebol. Jika harus mencuci sendiri setiap hari, rasanya pun tak mungkin. Lagi pula, belum tentu hasilnya sesuai harapan.

Nah, kehadiran mesin pembersih bertekanan tinggi atau high pressure cleaner agaknya bisa menjadi solusi atas problem tadi. Orang bisa mencuci mobil atau membersihkan lantai lebih bersih dengan mesin high pressure cleaner. Sebab, daya semprot air jauh lebih besar dibandingkan memakai selang air biasa. "Kotoran jadi lebih gampang lepas, terutama tanah di bawah mobil atau lumut dinding," kata Andi Agung, Staf Pemasaran PT Kawan Lama Sejahtera, distributor resmi high pressure cleaner merek Nilfisk.

Harga mesin high pressure cleaner pun semakin terjangkau. Selain merek impor, sudah tersedia high pressure cleaner merek lokal yang murah.

Andi mengatakan, permintaan high pressure cleaner belakangan ini memang terus meningkat, terutama dari konsumen ritel atau rumah tangga. "Sebab, dengan alat ini, air yang dibutuhkan lebih sedikit dan lebih cepat bersih. Meski memakai listrik, tapi irit air," terang dia.

Salah satu high pressure cleaner Nilfisk yang paling laris adalah seri C110.3 X-tra. Produk untuk rumah tangga ini dibanderol seharga Rp 1,748 juta. "Selain murah, produk asal Denmark ini kecil dan ringkas, mudah dibawa ke mana-mana," ujar Andi.

Dalam sebulan, Kawan Lama bisa menjual 250 unit Nilfisk C110.3 X-tra. Sedangkan untuk keseluruhan tipe Nilfisk, Kawan Lama bisa menjual sampai 500 unit per bulan.

Tersedia produk lokal

Selain ritel, produk Nilfisk juga diserap perusahaan, terutama jasa pencucian mobil. Salah satu produk andalan Nilfisk untuk korporat adalah seri E130. Produk yang dibanderol sekitar Rp 4 juta ini memiliki daya tahan pemakaian yang lebih lama. "Biasanya, jasa pencucian mobil menggunakan produk ini untuk mesin cadangan," imbuh Andi.

Selain Nilfisk, high pressure cleaner impor lain adalah Karcher. Andy, Staf pemasaran PT Berkat Utama, distributor Karcher mengatakan, salah satu produk andalan Karcher adalah seri K2.14. "Harga produk ini hanya sekitar Rp 1 juta dengan garansi selama setahun," cetusnya.

Namun, meski masih bisa menjual beberapa unit mesin high pressure cleaner Karcher dalam sebulan, menurutnya, permintaan produk ini terbilang musiman. "Biasanya, permintaan baru ramai saat musim hujan tiba," kata Andy.

Selain produk impor, produk high pressure cleaner merek lokal kini juga sudah tersedia. Salah satunya adalah high pressure cleaner Krisbow.

Staf pemasaran Krisbow, Arifudin bilang, meski buatan lokal, produk high pressure cleaner Krisbow tak kalah dengan merek impor. "Kalau dari segi harga, jelas lebih murah dari merek impor," katanya.

Menurut Arifudin, high pressure cleaner Krisbow berkisar antara Rp 750.000 hingga Rp 19 juta per unit. "Jadi, selain untuk ritel, kami juga menjual produk untuk pasar korporat," ujarnya.

Dalam sebulan, mesin high pressure cleaner Krisbow bisa terjual 500 unit. Sebagian besar adalah produk rumah tangga dengan harga di bawah Rp 2 juta. Mesin ini dipakai untuk mencuci mobil, membersihkan pekarangan dan lumut yang ada di tembok.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Test Test

Terbaru