Dua seri awal MotoGP 2020 dipastikan digelar tanpa penonton

Kamis, 25 Juni 2020 | 15:03 WIB Sumber: BolaSport
Dua seri awal MotoGP 2020 dipastikan digelar tanpa penonton

ILUSTRASI. Maverick Vinales


OLAHRAGA - JAKARTA. Kepastian soal izin penonton datang ke sirkuit pada dua seri balap pertama MotoGP 2020 sudah diketahui. MotoGP 2020 akan mulai bergulir dengan dua balapan back-to-back di Sirkuit Jerez, Spanyol, pada 19 dan 26 Juli mendatang.

Seri balap pertama akan bertajuk MotoGP Spanyol. Adapun seri kedua dinamakan MotoGP Andalusia, mengikuti nama wilayah otonom di mana Jerez berada. Meski sudah dicanangkan sebagai balapan tertutup, wacana soal izin penonton hadir di sirkuit berusaha diwujudkan oleh Dewan Kota Jerez.

Baca Juga: Ini jadwal lengkap MotoGP 2020 terbaru

Kebetulan, Spanyol telah memberlakukan new normal sejak Minggu (21/6/2020) meskipun praktik pembatasan sosial tetap menjadi kewajiban. Pengurangan alokasi penonton turut dipertimbangkan demi mendukung rencana tersebut. "Berbagai faktor telah dianalisa untuk membuat keputusan, termasuk pembatasan jumlah penonton," bunyi pernyataan pemerintah setempat, dilansir BolaSport.com dari Crash.

"Kapasitas penonton akan dikurang menjadi sepertiga untuk memenuhi syarat pembatasan sosial demi menghindari infeksi baru dan kemungkinan wabah Covid-19."

Dewan Kota Jerez lantas mengadakan pertemuan dengan Pemerintah Andalusia, dan Dorna Sports—selaku penyelenggara MotoGP—mengenai izin penonton ini. Hasilnya, seluruh pihak setuju untuk membatalkan rencana menghadirkan penonton dalam seri MotoGP Spanyol dan MotoGP Andalusia.

"Semua pihak setuju bahwa dalam usaha-usaha dalam kondisi sekarang seharusnya difokuskan untuk menjamin keselamatan tim dan personel."

Baca Juga: Kemenpora merilis protokol kegiatan olahraga pada era new normal

"Juga demi kelangsungan kompetisi, menghindari konsentrasi massa, dan menunjukkan citra terbaik dari Jerez, Cadiz, dan Andalusia dalam acara olahraga yang penting ini."

Menghadirkan penonton memang membawa dampak buruk bagi kelangsungan MotoGP 2020 apabila menimbulkan masalah. Pasalnya, MotoGP perlu membuktikan bahwa protokol kesehatan yang mereka buat benar-benar aman demi mendapat izin dari negara tuan rumah lainnya.

Meski demikian, bukan berarti MotoGP 2020 akan berlangsung dalam situasi sepi hingga akhir musim. Sirkuit Misano, Le Mans, dan Valencia tengah menggodok wacana membuka gerbang bagi penggemar saat balapan MotoGP 2020 digelar di tempat mereka.

Kehadiran penonton juga menjadi faktor kunci bagi berlangsungnya balapan MotoGP di luar Eropa seperti GP Malaysia, Thailand, Americas, dan Argentina. Sekadar informasi, perjalanan yang lebih jauh membuat biaya yang disetorkan untuk balapan MotoGP di luar Benua Biru menjadi lebih mahal.

Artikel ini telah tayang di bolasport.com dengan judul "Penonton Tak Dapat Izin untuk Hadiri 2 Balapan Pertama MotoGP 2020"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru