Enam negara akan tampil di pagelaran seni Solo

Selasa, 21 Agustus 2018 | 08:56 WIB   Reporter: Jane Aprilyani
Enam negara akan tampil di pagelaran seni Solo

ILUSTRASI. Menteri Pariwisata Arief Yahya


INDUSTRI PARIWISATA - JAKARTA. Pagelaran seni bertajuk Solo Internasional Performing Arts (SIPA) 2018, bakal digelar di Benteng Vastenburg. Seniman dari enam negara pun akan tampil di pergelaran yang diselenggarakan pada 6-8 September 2018. Enam negara tersebut yaitu Italia, Taiwan, Filipina, Rusia, Korea Selatan dan Indonesia.

Menteri Pariwisata, Arief Yahya, yakin SIPA 2018 yang mengusung tema 'We Are The World-We Are The Nation' bisa membawa dampak positif bagi pariwisata Indonesia.

"Ini event internasional. Semangatnya tak sekadar menjadi fungsi seni pertunjukan untuk persoalan kesenian semata, tapi juga tradisi bisa menjadi sarana untuk memunculkan semangat kebersamaan. Akhirnya adalah membumikan dan menggairahkan pariwisata Kota Solo dan Indonesia," ujar Arief dalam keterangan tertulis yang diterima KONTAN, Senin (20/8).

SIPA 2018 akan menampilkan beragam seni pertunjukan dari berbagai belahan dunia selama tiga malam, seperti seni tari, musik, hingga teater. Ada juga bazar yang diisi oleh pameran produk, distro batik, handcraft, hingga stand khusus kuliner yang akan menjual makanan-makanan dan minuman khas dari Solo ataupun di luar Solo.

"Wajar bila SIPA 2018 menargetkan 10 ribu pengunjung dalam satu malam. Diharapkan 50% dari penonton adalah wisatawan," tutur Arief.

Direktur SIPA, Irawati Kusumorasri menjelaskan tema yang diangkat pada pergelaran SIPA yang ke-10 memiliki arti satu bangsa dan satu dunia. Persatuan menjadi pesan moral yang akan disuarakan dan digelorakan di panggung tahun ini. "Pemilihan tema tersebut dikarenakan perdamaian saat ini sangat dibutuhkan semua manusia," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru