Reporter: Pradita Devis Dukarno | Editor: Catur Ari
Cuit Ernest Prakasa di akun Twitternya belakangan ini jauh dari kesan lucu. Ya, finalis Stand Up Comedy tahun 2011 itu memang sedang berjualan. Bersama dengan Fauzan Taufik, sesama komik, istilah pelaku stand up comedy, Ernest menawarkan berbagai produk yang terkait dengan stand up comedy, seperti kaos, buku, dan DVD.
Saat awal berbisnis, Ernest menawarkan aneka produknya cuma melalui Twitter. Namun per Maret 2014, Ernest cs juga mengoperasikan website sendiri. Ernest memilih saluran pemasaran online karena tidak ingin ribet berurusan dengan distro ataupun toko.
Untuk produk kaos, yang menjadi pembeda adalah desain yang unik dan bertema kritik sosial. Ketika banyak penolakan terhadap Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, ia membuat desain bergambar Ahok dengan tulisan “Super Governor.” Desain lain menampilkan logo Illuminati, yang diplesetkan menjadi illucinati, dengan gambar mata sipit.
Pria yang lahir 29 Januari 1982 ini memetik inspirasi desain kaosnya dari kejadian sehari-hari. “Komika dituntut lebih peka terhadap hal-hal yang terjadi di sekitarnya,” tutur Ernest yang juga alumni dari Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Padjadjaran ini.
Ernest menghabiskan waktu dua bulan untuk merancang bisnisnya. Kini, Ernest bisa menjual hingga puluhan produk per bulan. Omzet yang dinikmati Ernest berkisar Rp 20 juta hingga Rp 30 juta per bulan.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
