Festival Entikong tarik wisatawan perbatasan

Senin, 09 April 2018 | 10:12 WIB   Reporter: Jane Aprilyani
Festival Entikong tarik wisatawan perbatasan

ILUSTRASI. Banyuwangi Festival


INDUSTRI PARIWISATA - JAKARTA. Festival Cross Border Entikong akan hadir kembali. Kali ini, perayaannya disinergikan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 Republik Indonesia pada Agustus mendatang. Rencananya, Festival Cross Border Entikong 2018 akan digelar di Lapangan Patokan, Entikong, Sanggau, Kalimatan Barat.

Ada beragam hiburan yang disiapkan. Mulai dari pameran, hingga aneka jenis lomba. 

Deputi Bidang Pemasaran I Kementerian Pariwisata I Gde Pitana mengatakan, Festival Cross Border Entikong 2018 memiliki posisi vital untuk menarik kunjungan wisman. “Festival Cross Border selalu penting, terutama untuk menaikan jumlah kunjungan wisman. Kalau jumlah kunjungan wisman naik, maka perekonomian masyarakat akan tumbuh melalui beragam transaksi. Untuk itu, kami berikan konsep hiburan terbaik. Apalagi, ini momentumnya sangat spesial,” ungkap I Gde Pitana dalam keterangan yang diterima Kontan.co.id, Senin (9/4).

Festival Cross Border Entikong 2018 juga akan menampilkan sejumlah event. Ada live music, parade seni budaya, lomba permainan tradisional, lomba memasak, hingga mengunjungi tempat bersejarah. 

Di Entikong, wisatawan memiliki banyak opsi berkunjung ke destinasi wisata lainnya. Wilayah ini memiliki wisata alam Pancur Aji, Air Terjun Saka Dua, Riam Odong, hingga Riang Enghasal. Ada juga Riam Macam, Air Lotup Jangkang, Danau Laet, Kampung Santana, hingga Goa Thang Raya.

“Keragaman di wilayah tersebut sangat tinggi. Kondisi ini tentu menjadi daya tarik lain terutama bagi para wismannya. Yang jelas Festival Cross Border Entikong tahun ini akan dikemas lebih segar. Apalagi, di sekitar pintu masuk perbatasan banyak terdapat kantung-kantung potensi wisman,” kata Pitana.

Berdasarkan lokasinya, festival ini berpotensi mendatangkan wisatawan asal Malaysia. Terutama wisatawan dari daerah yang dekat perbatasan. Yaitu Sabit, Sadir, Tepoi, Kujang Saung, atau Pang Amu. Ada juga Mongat, Mongkos, Mapu, hingga Lubuk Nibung.

Wilayah Entikong, Sanggau memenuhi semua aspek. Atraksi, akses, hingga amenitasnya sudah pasti terbaik. Sanggau saat ini sedikitnya memiliki 55 hotel dengan total 1.210 ketersediaan kamar. Terkait aksesibilitas, festival ini ditopang dua pintu udara. Ada Bandara Supadio Pontianak dan Bandar Udara Tabelian Sintang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Herlina Kartika Dewi

Terbaru