FIFA denda Polandia karena spanduk bernada menyerang

Senin, 25 Juni 2018 | 06:51 WIB   Reporter: Anna Suci Perwitasari
FIFA denda Polandia karena spanduk bernada menyerang

ILUSTRASI. Pendukung tim Polandia dan Senegal sebelum pertandingan


PIALA DUNIA 2018 - MOSKOW. Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) menjatuhkan denda sebesar CHF 10.000 atau setara US$ 10.124 terhadap Federasi Sepak Bola Polandia. Mengutip Reuters, denda tersebut diberikan karena adanya spanduk bernada menyerang yang dipasang pendukung Polandia, saat timnasnya berhadapan dengan Senegal pada Selasa (19/6) lalu.

"Komite Disiplin FIFA memberikan denda dan peringatkan kepada Federasi Sepak Bola Polandia sebesar CHF 10.000 atas spanduk yang bersifat politik dan bernada menyerang yang pasang pendukungnya," kata FIFA dalam pernyataan tertulis.

Walau sudah memutuskan adanya pelanggaran, FIFA tidak merinci tulisan dalam spanduk yang dimaksud. Sementara, Federasi Sepak Bola Polandia enggan berkomentar terhadap putusan itu.

Asal tahu saja, ini bukan pertama kalinya FIFA menjatuhkan sanksi dalam Piala Dunia 2018. Pekan lalu, FIFA juga sudah mendenda Federasi Sepak Bola Meksiko setelah pendukungnya menyanyikan "nyanyian diskriminatif dan menghina" selama pertandingan antara Meksiko dengan Jerman yang berakhir untuk kemenangan Los Tricolores.

Selain itu, kini Komite Disiplin FIFA sedang melakukan penyelidikan terhadap Federasi Sepak Bola Argentina dan Federasi Sepak Bola Kroasia karena bentrokan antar kedua suporter yang terjadi Kamis (21/6).

Penyelidikan terhadap perayaan gol dua pemain Swiss, Xherdan Shaqiri dan Granit Xhaka pun masih berlangsung. Serupa, Komite Disiplin FIFA masih menangani proses untuk Federasi Sepak Bola Serbia karena pesan politik dan nada menyerang yang diucapkan pendukungnya dan pelatih Serbia Mladen Krstajic usai takluk di hadapan Swiss.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dupla Kartini

Terbaru