Hamilton Tinggalkan Mercedes ke Ferrari pada Tahun 2025

Jumat, 02 Februari 2024 | 09:31 WIB Sumber: Channelnewsasia.com
Hamilton Tinggalkan Mercedes ke Ferrari pada Tahun 2025

ILUSTRASI. Lewis Hamilton secara mengejutkan akan pindah ke Ferrari tahun depan. REUTERS/Carlos Jasso TPX IMAGES OF THE DAY


FORMULA 1 - PARIS. Juara dunia Formula 1 tujuh kali Lewis Hamilton secara mengejutkan akan pindah ke Ferrari tahun depan, setelah Mercedes mengumumkan pada Kamis (1/2) bahwa ia akan meninggalkan tim pada akhir musim 2024.

“Waktunya tepat bagi saya untuk mengambil langkah ini dan saya bersemangat untuk menghadapi tantangan baru,” kata Hamilton.

Ferrari kemudian mengkonfirmasi kedatangan pembalap Inggris berusia 39 tahun itu, yang akan bermitra dengan pembalap mereka saat ini Charles Leclerc.

“Ferrari dengan bangga mengumumkan bahwa Lewis Hamilton akan bergabung dengan tim pada tahun 2025, dengan kontrak multi-tahun,” kata tim Italia itu dalam sebuah pernyataan.

Hamilton sebelumnya sempat berdiskusi dengan Ferrari pada 2019 tentang bergabung dengan mereka.

Baca Juga: Ford Recall 2,24 Juta Mobil SUV Ford Explorer

BBC melaporkan bahwa staf tim Mercedes dipanggil ke pertemuan dengan bos Toto Wolff di markas besar mereka di Inggris pada hari Kamis untuk diberitahu bahwa Hamilton akan hengkang pada akhir musim 2024 dan menuju ke salah satu nama paling terkenal di Formula Satu.

“Lewis telah mengaktifkan opsi pelepasan dalam kontrak yang diumumkan Agustus lalu dan karena itu musim ini akan menjadi musim terakhirnya untuk Silver Arrows,” kata Mercedes dalam sebuah pernyataan.

Hamilton sempat menandatangani kontrak berdurasi dua tahun dengan Mercedes untuk musim 2024 dan 2025, namun kesepakatan itu memuat klausul yang memperbolehkannya hengkang setelah satu musim.

“Saya menjalani 11 tahun yang luar biasa bersama tim ini dan saya sangat bangga dengan apa yang telah kami capai bersama,” kata Hamilton.

"Mercedes telah menjadi bagian hidup saya sejak saya berusia 13 tahun. Ini adalah tempat di mana saya tumbuh, jadi membuat keputusan untuk pergi adalah salah satu keputusan tersulit yang pernah saya ambil." ujarnya.

Baca Juga: Produksi Mobil Listrik Diyakini Berdampak Positif Bagi Industri Ban

Beberapa laporan menyebutkan kesepakatan Hamilton dengan Ferrari dibuat secara tergesa-gesa karena tim sedang melakukan pembicaraan dengan pembalap Spanyol Carlos Sainz, yang mengumumkan dia akan meninggalkan tim sebelum akhir tahun.

“Saya dan Ferrari tidak akan terus bersama setelah tahun 2024,” katanya.

Hamilton memenangkan gelar dunia terakhirnya pada tahun 2020 tetapi kalah dalam kejuaraan tahun 2021 dengan cara yang kontroversial dari Max Verstappen ketika direktur balapan mengabaikan peraturan safety car di Abu Dhabi, yang secara efektif menghalangi jalan pembalap Inggris itu menuju kemenangan baik di grand prix maupun kejuaraan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru