Harga sepeda Brompton dulu bisa capai Rp 50-60 juta, kini harganya segini

Senin, 20 September 2021 | 06:30 WIB Sumber: Kompas.com
Harga sepeda Brompton dulu bisa capai Rp 50-60 juta, kini harganya segini


HARGA SEPEDA - JAKARTA. Harga sepeda Brompton ramai dibahas di media sosial. Kabarnya, harga sepeda ini mengalami penurunan drastis. 

Benarkah demikian?

Salah satu komunitas sepeda Brompton di Indonesia, Brompton Monas Cyclists, mengamati perkembangan harga sepeda Brompton. 

Brompton Monas Cyclists adalah salah satu club sepeda dengan ban 16 inchi, yang telah mengikuti berbagai event nasional maupun internasional. 

Menurut Erwin Handoko dari Brompton Monas Cyclists, harga Brompton saat ini mendekati harga wajar Brompton sebelum pandemi. 

"Sebenarnya itu bukan turun. Tapi emang harga wajarnya segitu. Harga Brompton emang segitu harganya. Bahkan ini juga belum ke harga sebelum pandemi. Kurang dikit lagi lah," kata Erwin pada Kompas.com, Sabtu (18/9/2021). 

Baca Juga: Dibanderol mulai Rp 2 jutaan, berikut daftar harga sepeda gunung United Miami terkini

Dia menjelaskan, harga Brompton sempat naik di awal pandemi karena distribusi terbatas, sehingga barang tersebut sudah didapatkan. 
Selain itu di awal pandemi orang-orang juga mulai sadar untuk berolahraga. Menurut Erwin bersepeda bisa menjadi alternatif olahraga yang menyenangkan. 

Kisaran harga hingga puluhan juta rupiah 

Erwin memberi gambaran, sebelum pandemi harga sepeda Brompton type 6 speed STD di kisaran Rp 28 juta. Lalu, ketika pandemi harga sepeda Brompton naik hingga 2 kali lipat. Kini, harga Brompton turun di angka Rp 30 jutaan. 

"Ya, semua itu turun. Tadinya kan harga S6L itu sampai Rp 50-60 juta. Sekarang udah mulai ke angka Rp 30-31-an juta," ujar Erwin. 

Anehnya, saat harga naik di awal pandemi, banyak orang tetap membelinya. Harga sepeda yang naik juga berimbas pada sparepart yang naik. 

Baca Juga: Cakep! Warna baru, inilah harga sepeda gunung Polygon Xtrada 5 terkini (September)

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru