Harga sepeda Cyclone, tiruan Brompton buatan Sidoarjo lebih murah, tapi harus pesan

Senin, 17 Agustus 2020 | 12:25 WIB Sumber: Kompas.com
Harga sepeda Cyclone, tiruan Brompton buatan Sidoarjo lebih murah, tapi harus pesan

ILUSTRASI. cyclone bike, sepeda ala Brompton dari Surabaya


SEPEDA - Jakarta. Tren olahraga sepeda memacu pengusaha kecil menekuni bisnis sepeda. Pengusaha kecil pun tak ketinggalan momentum demam sepeda Brompton dengan membuat produk yang mirip tapi harga lebih murah.

Sebelumnya, sudah ada sepeda Kreuz, tiruan Brompton yang dibuat di Bandung. Kini tiruan sepeda Brompton juga hadir di Sidoarjo, Jawa Timur.

Baca juga: Lelang rumah murah di Kota Bekasi hanya Rp 180 juta, simak persyaratannya

Cyclone Bike, merek sepeda asal Sidoarjo Jawa Timur ini tengah menyelesaikan prototype seperti sepeda Brompton untuk kemudian diperkenalkan ke pasar, bulan ini. "Sekarang prototype-nya sedang dibuat. Semoga bulan ini selesai. Setelah selesai kami tunjukkan melalui video kalau ini sudah selesai, setelah itu open PO," ungkap Product Owner & Manager Cyclone Bike, Nurahman, Minggu (16/8/2020).

Rahman bercerita, dia memang berencana memproduksi sepeda sejak beberapa waktu lalu. Di saat yang sama, ia yang seorang fasilitator Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) mendapati banyak usaha kecil dan menengah (UKM ) tidak mendapatkan pesanan di masa pandemi corona.

Melihat animo tinggi masyarakat terhadap sepeda dalam beberapa waktu terakhir, Rahman pun memutuskan untuk serius merencanakan produksi sepeda ini. Dia lalu menggandeng tak kurang dari 20 UKM di Sidoarjo.

Ternyata, respons pasar terhadap desain sepeda Cyclone cukup baik. Hingga berita ini ditulis, akun Instagram @cyclone_bike sudah diikuti lebih dari 2.300 pengikut. Namun, Rahman juga membuat grup Telegram untuk masyarakat yang memang berminat untuk pre-order proyek pertamanya ini. "Grup di Telegram yang benar-benar minat mau beli, sekarang sudah 700-an lebih yang minat PO," ungkap dia.

Seperti diunggah di Instagram mereka, desain sepeda Cyclone mamang mirip dengan Brompton, namun mereka menyediakan sepeda tak hanya dengan roda 16 inci, tapi pun 20 inci. Beberapa warna yang diunggah antara lain merah, hijau tosca, putih, dan hijau muda.

Namun, menurut Rahman, itu masih rencana warna yang nantinya masih bisa diubah. Dia juga mengakui, proyek pertama Cyclone memang sepeda lipat dengan desain mirip sepeda Brompton.

Editor: Adi Wikanto

Terbaru