ICCN Gandeng Ciputra Group Undang Perwakilan Pusat Karier Universitas Se-Indonesia

Minggu, 30 Oktober 2022 | 21:54 WIB   Reporter: Noverius Laoli
ICCN Gandeng Ciputra Group Undang Perwakilan Pusat Karier Universitas Se-Indonesia

Indonesia Career Center Network (ICCN) bersama Ciputra Group menggelar ICCN Summit di Surabaya pada 13-16 Oktober 2022.


PENDIDIKAN -  JAKARTA. Indonesia Career Center Network (ICCN) bersama Ciputra Group menggelar ICCN Summit di Surabaya pada 13-16 Oktober 2022. Acara yang mengusung tema Leverage Employability of Indonesia’s Graduate ini dihadiri perwakilan pusat karier dari universitas-universitas ternama di seluruh Indonesia.

ICCN merupakan asosiasi pusat karir seluruh perguruan tinggi di Indonesia yang didirikan pada tahun 2016 dan memiliki tujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) Indonesia melalui persiapan karier yang lebih matang untuk mahasiswa.

Hingga saat ini, lebih dari 100 pusat karier universitas telah bergabung dengan ICCN.  

Dalam dua tahun terakhir, seluruh acara ICCN digelar secara daring karena faktor pandemi dan letak geografis anggota yang tersebar dari berbagai daerah di Indonesia. 

Baca Juga: Ciri-Ciri Lowongan Kerja Palsu yang Wajib Diketahui, Hati-Hati Jangan Sampai tertipu!

Namun di tahun 2022, pengurus ICCN mengundang seluruh anggota untuk hadir secara langsung di ICCN Summit ini. Hasilnya, acara ini dipenuhi oleh antusiasme dari para undangan dan pembicara. Terdapat lebih dari 100 undangan dari 70 universitas yang menghadiri ICCN Summit 2022 ini. 

ICCN Summit juga dihadiri oleh pembicara dari Kemenbudristek dengan tema penguatan fungsi pusat karier untuk peningkatan akreditasi. 

Selain itu, acara ini juga dipenuhi sesi berbagi yang diisi oleh pengurus pusat karier bertajuk Career Center Officer Program (CCOP) agar peserta dapat saling belajar dari satu sama lain. 

Presiden ICCN Teddy Indira Budiwan mengutarakan bahwa tantangan terbesar yang ingin diselesaikan oleh ICCN adalah tidak adanya kapabilitas yang merata di antara semua pusat karier dan fakta bahwa tidak semua universitas memiliki pusat karier untuk mahasiswanya.

Baca Juga: Waspada! Ini Ciri-Ciri Lowongan Palsu yang Banyak Beredar di Internet

"Kegiatan ICCN Summit 2022 ini diharapkan dapat membantu universitas dalam mengembangkan pusat karier dan meningkatkan peluang kerja mahasiswa lulusannya," ujarnya dalam keterangannya, Minggu (30/10). 

Wakil Presiden ICCN  Rosaria Mita Amalia mengutarakan ICCN adalah ajang berdiskusi tentang berbagai persoalan maupun permasalahan dan challenge yang dihadapi di kampus masing-masing, khususnya di unit pusat karier.

Sekretaris Jendral ICCN Elly Munadzirohjuga mengutarakan bahwa seluruh pusat karier di Indonesia perlu bekerja sama untuk menciptakan peluang pada lulusan seluruh anggota ICCN agar menjadi sumber daya manusia yang berkualitas bagi negara.

Ke depannya, ia juga berharap lebih banyak universitas yang bergabung menjadi anggota ICCN. Pada acara berikutnya, Elly juga akan memastikan ICCN akan berlangsung lebih lama karena beberapa peserta merasa sesi berbagi perlu ditambahkan.

Baca Juga: Jangan Tertipu! Ini Ciri-Ciri Lowongan Kerja Palsu yang Banyak Beredar di Internet

“Ini adalah hal yang sangat membanggakan bagi kita bahwa semangat kita menjadi pengelola pusat karier diterima dengan antusiasme tinggi dari para peserta”, ujar Petiana Indrati, Wakil Sekretaris Jendral ICCN dan pengelola pusat karier Universitas Pancasila. 

ICCN bekerja sama dengan berbagai instansi dan perusahaan dari berbagai bidang untuk menggelar Summit 2022 ini. Salah satu mitra ICCN adalah Kinobi, perusahaan penyedia portal manajemen karier untuk universitas.

Tak sedikit pengurus pusat karier yang menghadiri ICCN Summit telah menggunakan Kinobi, seperti Institut Teknologi Bandung, Universitas Pancasila, Universitas Airlangga, Universitas Bina Nusantara, dan masih banyak lagi.

Presiden Direktur Kinobi Hafiz Kasman juga t terkesan dengan antusiasme yang dirasakan pada ICCN Summit 2022. Ia mengatakan panitia dan peserta sama-sama memiliki passion yang tinggi dalam mengembangkan pusat karier di Indonesia. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru