Ini 10 kota untuk "traveling" bersama pasangan

Kamis, 02 Juni 2016 | 11:37 WIB Sumber: Kompas.com
Ini 10 kota untuk


JAKARTA. Rupanya, pelancong yang bepergian secara berpasangan lebih menyukai kota kecil nan cantik dibanding hiruk pikuk ibu kota. Berikut 10 kota favorit untuk traveling bersama pasangan.

Survei tersebut dikeluarkan situs pemesanan hotel Agoda, dihimpun berdasarkan 50.000 ulasan selama 2015 hingga awal 2016. Hasilnya, pasangan (couples) lebih suka menghabiskan waktu di kota kecil yang jauh dari kebisingan.

"Pilihan populer seperti Paris dan London tentu saja masih ramai dikunjungi oleh para turis. Namun pelancong yang lebih berpengalaman dan independen mulai melirik kota-kota lain yang menawarkan kisah sejarah dan pengalaman budaya yang lebih otentik," tutur John Brown, Direktur Pelaksana Operasional Agoda.com dalam rilis yang diterima KompasTravel, Rabu (1/6/2016).

Selain itu, terungkap bahwa destinasi favorit couples didominasi oleh kota-kota yang masuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO. Kota kecil bernuansa gothik, Bruges di Belgium menduduki peringkat pertama dengan skor 8,8.

Peringkat kedua diduduki Kota Verona di Italia, yang merupakan lokasi kisah cinta legendaris 'Romeo and Juliet' karya William Shakespeare. Satu-satunya kota di Asia Tenggara yang berhasil masuk dalam daftar ini adalah Hoi An di Vietnam dengan skor 8,6.

Berikut 10 destinasi favorit pasangan traveler berdasarkan survei Agoda.com:

1. Bruges, Belgia (Situs Warisan Dunia UNESCO)

2. Verona, Italia (Situs Warisan Dunia UNESCO)

3. Hoi An, Vietnam (Situs Warisan Dunia UNESCO)

4. Vilnius, Lithuania (Situs Warisan Dunia UNESCO)

5. Santorini, Yunani

6. Marrakech, Maroko (Situs Warisan Dunia UNESCO)

7. Porto, Portugal (Situs Warisan Dunia UNESCO)

8. Budapest, Hungaria (Situs Warisan Dunia UNESCO)

9. Dubrovnik, Kroasia (Situs Warisan Dunia UNESCO)

10. Krakow, Polandia

Sementara itu, dalam survei yang sama, Agoda membeberkan 10 destinasi favorit para solo traveler. Sembilan peringkat pertama rupanya ditempati oleh kota-kota yang sama dengan pilihan couples.

Namun di peringkat 10, para solo traveler memilih Crete (Yunani) dibanding Krakow (Polandia). "Vilnius di Lithuania termasuk cukup terkenal di Eropa. Kharisma dan keotentikan kota ini amat kuat sehingga setiap kali berkunjung ke sana, traveler seakan mendapatkan kesan penemuan destinasi baru untuk dieksplorasi lebih jauh," tambah John Brown. (Penulis: Sri Anindiati Nursastri)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dikky Setiawan

Terbaru