Ini kecanggihan Macbook Apple Silicon, penasaran?

Selasa, 10 November 2020 | 17:33 WIB Sumber: 9to5Mac
Ini kecanggihan Macbook Apple Silicon, penasaran?


APPLE - Produk terbaru Apple selalu dinanti-nanti. Kali ini, Apple dikabarkan akan merilis Macbook terbaru dengan arsitektur ARM yang juga digunakan di iPhone maupun iPad. Kerennya lagi, Macbook terbaru yang chipset bernama Apple Silicon ini kabarnya bisa menjalankan aplikasi iOS, loh.

Macbook merupakan salah satu produk Apple yang melengkapi lini professional untuk segmen laptop. 

Ya, umumnya Macbook memang digunakan oleh sebagian orang untuk membantu mempermudah pekerjaan mereka. Sebut saja profesi seperti desainer, developer hingga orang yang bekerja di industri kreatif, Macbook menjadi partner kerja terbaik mereka.

Apple sebelumnya telah mengumumkan bahwa Macbook terbaru yang menggunakan dapur pacu Apple Silicon. Apple Silicon ini merupakan chipset dengan arsitektur ARM yang juga digunakan pada iPhone dan iPad.

Oleh sebab itu, Apple mengkonfirmasi bahwa Macbook terbaru kelak bisa menjalankan aplikasi yang ada di iPhone maupun iPad.

ILUSTRASI: iPhone 12

Sayangnya tidak semua aplikasi iPhone maupun iPad yang terdapat di Appstore bisa dijalankan pada Macbook terbarunya ini.

Mengutip dari 9to5Mac.com, sebagian developer justru menarik aplikasi iOS dari Appstore yang ada di Macbook Apple Silicon. 

Secara teori, dengan menggunakan arsitektur yang sama dengan iPad maupun iPad, seharusnya aplikasi iOS bisa berjalan normal pada Macbook tersebut.

Menurut 9to5Mac.com, menemukan bahwa ada beberapa developer telah menarik aplikasi iOS dari Appstore Macbook Apple Silicon. Setidaknya untuk saat ini beberapa aplikasi iOS tidak tersedia di Appstore tersebut.

Aplikasi tersebut seperti, YouTube, Google Drive, Google Maps hingga Gmail. Sementara aplikasi dari pengembang Facebook, seperti Instagram, Facebook, WhatsApp dan Messenger juga ditarik dari Appstore.

Tapi tenang saja, masih ada beberapa aplikasi iOS yang masih tersedia di Appstore Macbook Apple Silicon.

Yakni aplikasi layanan streaming film Netflix dan juga HBO Max. Untuk game yang berjalan di iOS seperti Among Us, sayang sekali tidak tersedia di Appstore.

Sebagai penggantinya, game seperti Subway Surfer maupun Temple Run masih tersedia di Appstore Macbook Apple Silicon.

Ditariknya beberapa aplikasi oleh sebagian developer merupakan  hal yang cukup wajar. Sebab mereka ingin melakukan optimisasi yang lebih baik lagi supaya aplikasi tersebut bisa berjalan dengan lancar.

Tidak menutup kemungkinan kelak mereka akan menghadirkan kembali aplikasi iOS di Macbook Apple Silicon.

Selanjutnya: Redeem code Genshin Impact terbaru November 2020, berikut cara aktivasinya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru