Ini Pemimpin Perempuan di Perbankan yang Menginspirasi

Rabu, 05 Juni 2024 | 16:20 WIB   Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk
 Ini Pemimpin Perempuan di Perbankan yang Menginspirasi

ILUSTRASI. Direktur Utama BNI Royke Tumilaar (tengah) berbincang dengan Direktur Risk Management David Pirzada (kiri) dan Direktur Finance Novita Widya Anggraini (kanan) sebelum paparan kinerja BNI kuartal I tahun 2024 di Jakarta, Senin (29/4/2024). BNI berhasil mencatatkan laba sebesar Rp5,33 triliun dengan segmen kredit Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) serta konsumer sebagai mesin pertumbuhan bisnis baru di tengah dinamika global. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/nym.


WANITA / PEREMPUAN - JAKARTA. Jumlah perempuan Indonesia yang menempati posisi manajerial dalam perusahaan semakin meningkat. Dalam menjalankan perannya, mereka memberikan  impak terhadap perusahaan dan lingkungannya.

Hal ini tak lepas dari tujuan pembangunan berkelanjutan yang semakin digaungkan berbagai perusahaan di Indonesia. Salah satu pilarnya adalah mendukung kesetaraan gender dimana perempuan diberikan kesempatan yang sama dengan pria untuk mengembangkan karirnya. 

Mengacu pada data Badan Pusat Statistik (BPS), proporsi perempuan di Indonesia menduduki posisi manajerial mencapai 32,26% pada tahun 2022.  Porsi tersebut meningkat dari tahun 2015 yang baru mencapai 22,32%. 

Baca Juga: Pekerja Perempuan Sambut Baik Aturan Cuti Melahirkan pada UU KIA

PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) salah satu perusahaan yang sangat komitmen mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan. Dari sisi governance, bank pelat merah terus meningkatkan keberagaman di level pengurus perusahaan.

Komposisi perempuan dalam susunan pengurus BNI terus meningkat. Saat ini tercatat ada dua perempuan yang mengisi kursi direksi di BNI. Salah satunya adalah Novita Widya Anggraini yang menduduki kursi Direktur Keuangan.

Novita berperan penting dalam menciptakan perubahan positif dan mampu menjadi bagian dari komitmen BNI untuk memperkuat kesetaraan gender dan inklusi di bidangnya. Ia memiliki kiprah sebagai perempuan yang menginspirasi dalam mendorong transformasi perbankan. 

Novita mengungkapkan, ketidaksetaraan gender, kurangnya wawasan, stereotip, dan kurangnya dukungan seringkali menghalangi perempuan untuk bersinar dan memberikan kontribusi yang berarti bagi lingkungannya. 

Baca Juga: Perempuan Penting Punya Kemampuan Mengatur keuangan, Ini Alasannya

“Namun, melalui semangat kerja keras dan kepercayaan diri, perempuan juga bisa menciptakan perubahan besar yang berdampak positif bagi masyarakat,” kata dia dalam keterangannya, Rabu (5/6).

Oleh karena itu, Novita mengajak seluruh perempuan di Indonesia untuk tetap berpikir positif bahwa perempuan juga bisa berprestasi dan menginspirasi dalam mendorong lingkungannya untuk lebih baik.
 
Atas kiprahnya dalam mendorong tranformasi perbankan, Novita meraih penghargaan sebagai “The Most Inspiring Woman Leader: In Finance Industry” dalam ajang Indonesia Top Women Fest.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dina Hutauruk

Terbaru