Ini tiga tips sukses bisnis sampingan di masa pandemi Covid-19

Kamis, 13 Agustus 2020 | 10:04 WIB Sumber: Kompas.com
Ini tiga tips sukses bisnis sampingan di masa pandemi Covid-19

ILUSTRASI. Ini tiga tips sukses bisnis sampingan di masa pandemi Covid-19


BISNIS -  JAKARTA. Beberapa pekerja memiliki hasrat untuk menjalani bisnis sampingan. Namun tak jarang, bisnis sampingan berakhir tidak berhasil karena tak dilakoni sungguh-sungguh.

Agar tak mudah menyerah dalam menjalani bisnis sampingan, Anda bisa mencoba tiga tips ini agar setiap calon wirausaha seperti Anda dapat dengan sukses melakukannya.

Cara ini juga dipakai oleh seorang pelaku usaha sampingan yang berhasil sebagai pemasar lepas yang membuat konten digital dan melakukan strategi media sosial. Hanya dalam beberapa minggu, penghasilannya menyamai gajinya.

Baca Juga: Bisnis Warren Buffett tak kebal virus corona, ini buktinya

1. Buat situs web

Mengutip CNBC, Kamis (13/8/2020), setiap calon wirausaha yang mencoba membangun bisnis sampingan wajib membuat situs web, utamanya di era digital seperti saat ini.

Situs web yang bagus adalah situs web yang isinya meningkatkan kredibilitas bisnis Anda. Memiliki situs web dapat membuat Anda tetap terhubung dengan pelanggan dan klien, terlepas dari atau bagaimana mereka menemukan bisnis Anda pada awalnya.

Anda juga perlu mengamankan platform bisnis Anda. Media sosial yang bisa digunakan untuk berbisnis secara gratis memang membuat mudah pemasaran bisnis, namun keamanannya juga harus dijaga untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca Juga: Turunkan suku bunga, ini besaran bunga kredit Bank Mandiri

2. Perlakukan diri Anda seperti klien

Ketika bicara mengenai pekerjaan sampingan, coba perlakukan diri Anda seperti klien. Ambil tingkat kepedulian, organisasi, dan detail yang sama, seperti yang Anda lakukan saat merencanakan bisnis sampingan dan menetapkan tujuan.

Misalnya, Anda menjual kaos dengan kutipan populer dari film-film ikonik. Pertimbangkan berapa banyak waktu yang sebenarnya Anda miliki untuk pekerjaan sampingan setiap minggunya.

Kemudian, buat tujuan di sekitarnya, termasuk berapa banyak kaos yang dapat dibuat dalam seminggu, berapa banyak waktu yang Anda butuhkan untuk mempromosikan produk, berapa banyak yang bisa Anda kirimnya ke klien, dan sebagainya.

Bekerja sampingan tak jarang membuat orang cepat lelah. Untuk itu, memperlakukan diri seperti klien membuat Anda dapat memantau kelelahan akibat bekerja.

Editor: Noverius Laoli

Terbaru