Ini yang harus dilakukan saat membantu korban luka tusuk

Sabtu, 12 Oktober 2019 | 13:35 WIB   Reporter: Noverius Laoli
Ini yang harus dilakukan saat membantu korban luka tusuk


STYLE -  YOGYAKARTA. Tidak ada yang ingin terluka. Namun, semua orang berisiko terkena luka tusuk. Misalnya, tertusuk pisau, gunting, atau benda tajam lainnya. Namun, jika kita berada di dekat korban luka tusuk, hindari membantunya secara sembarangan.

Spesialis luka, dr. Adisaputra Ramadhinara, MSc, CWSP, FACCWS mengatakan, hal pertama yang paling utama harus dilakukan untuk membantu korban luka tusuk adalah mencari atau menghubungi tenaga medis.

Baca Juga: Surya Paloh: Kalau penanganannya terlambat, kita bisa kehilangan Wiranto

"Call for help. Jangan lakukan hal-hal yang malah bisa mencederai lebih lanjut. Dampingi orangnya dan tunggu sampai bantuan datang," kata Adi dalam acara media gathering di Yogyakarta, Jumat (11/10/2019).

Termasuk ketika benda tajam masih menancap di area tubuh korban. Adi menjelaskan, pendarahan dalam mungkin terjadi ketika benda tajam tersebut menancap. Namun, benda tajam tersebut justru berfungsi sebagai penyumbat atau penahan agar darah tidak keluar.

"Kalau dicabut kita tidak tahu apakah buyar semua. Jadi, jangan lakukan apapun karena sebelum dicabut harus diperiksa, jangan lakukan hal yang kita tidak paham," katanya.

Baca Juga: Kabar terbaru, anggota TNI yang dicopot karena istri hujat Wiranto jadi tiga orang

Itulah mengapa, pelatihan bantuan hidup dasar (Basic Life Support) perlu dipelajari. Terutama menjaga agar orang yang menjadi korban bisa tetap bernafas.

"Bagaimana orang itu harus tetap bisa bernafas, sirkulasinya stabil. Bagian dari menstabilkan sirkulasi adalah menghentikan pendarahan. Itu ada pelatihannya," kata Adi. (Nabilla Tashandra )

 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jangan Sembarang Bantu Korban Luka Tusuk, Apa Sebabnya?",

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru