Inilah 6 kelainan tulang manusia yang disebabkan beragam faktor

Jumat, 22 Januari 2021 | 11:39 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Inilah 6 kelainan tulang manusia yang disebabkan beragam faktor

ILUSTRASI. Inilah 6 kelainan tulang manusia yang disebabkan beragam faktor. FOTO ANTARA/Eric Ireng/ed/ama/11


KESEHATAN -  Meskipun terlihat kokoh, tulang manusia bisa terserang penyakit dan kelainan. Kelainan pada tulang bisa terjadi akibat kebiasaan buruk, faktor umur, dan kurangnya asupan nutrisi. 

Tulang rangka manusia memiliki fungsi utama sebagai pembentuk tubuh dan pelindung organ dalam. Tanpa tulang, manusia tidak bisa bergerak karena tidak ada tempat dimana otot melekat. 

Manusia dewasa, bersumber dari Healthline, memiliki sekitar 206 tulang di tubuh mereka. Sama seperti anggota tubuh lainnya, tulang juga perlu dijaga kesehatannya. 

Kebiasaan yang tidak baik bisa menyebabkan struktur tulang berubah. Selain kebiasaan, asupan makanan juga bisa mempengaruhi kondisi tulang manusia. 

Simak beragam kelainan yang bisa menyerang manusia, dirangkum dari Total Orthopaedic Care. 

Baca Juga: APBN, pengertian, fungsi, tujuan, serta penyusunannya

  • Osteoporosis

Osteoporosis atau penyakit pengapuran tulang adalah kelainan tulang dimana tulang mulai lemah dan keropos. Tulang yang keropos sangat rentan patah sehingga berbahaya bagi penderitanya. 

Melansir Total Orthopaedic Care, pengeroposan tulang rawan diderita oleh orang tua berusia di atas 50 tahun. 

Kelainan ini lebih banyak dialami oleh wanita dibanding pria. Meski osteoporosis identik dengan penyakit orang tua, anak-anak bisa saja menderita kelainan ini. 

Penyakit tulang ini bisa disebabkan karena tulang kehilangan banyak jaringannya. 

Proses pengeroposan tulang sering tidak disadari sehingga banyak orang yang tidak tahu mereka memiliki osteoporosis. Mereka baru tahu saat tulang mereka tiba-tiba patah dan melakukan pemeriksaan medis.  

  • Infeksi tulang

Penyakit jarang ditemui namun cukup berbahaya. Infeksi tulang atau osteomyelitis bisa disembuhkan dengan prosedur operasi. 

Bersumber dari American Academy of Orthopedic Surgeons, infeksi bisa masuk melalui luka seperti patah tulang terbuka yang sulit dibersihkan. 

Gejala orang yang menderita kelainan tulang ini diantaranya adalah pembengkakan hingga rasa sakit dan radang.  

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru