Inilah 7 Benda Langit yang Berada di Tata Surya, Lengkap Dengan Penjelasannya

Rabu, 23 Februari 2022 | 11:59 WIB   Penulis: Arif Budianto
Inilah 7 Benda Langit yang Berada di Tata Surya, Lengkap Dengan Penjelasannya

ILUSTRASI. Inilah 7 Benda Langit yang Berada di Tata Surya, Lengkap Dengan Penjelasannya


KONTAN.CO.ID - Inilah 7 benda langit yang berada di Tata Surya, lengkap dengan penjelasannya. Apakah matahari, planet, bulan, meteor dan lain sebagainya termasuk benda langit? Yuk cari tahu selengkapnya di sini.

Beberapa orang mungkin lebih mudah mengenali benda-benda yang ada di permukaan Bumi. Entah itu benda yang hidup atau justru benda mati.

Daftar Isi

Ya, karena benda-benda tersebut ada di sekitar kita dan dapat kita temukan hampir setiap hari. Bagaimana dengan benda langit? Apakah Anda dapat melihat semua benda yang ada di langit? 

Meskipun beberapa benda langit dapat kita mata telanjang, mungkin beberapa diantaranya belum pernah Anda simak sebelumnya. Hal tersebut dikarenakan beberapa benda langit hanya dapat dilihat menggunakan alat bantu, seperti teleksop luar angkasa.

Berbicara tentang benda langit, di Tata Surya sendiri ada beberapa benda langit yang mengambang di ruang angkasa. Asal Anda tahu, Tata Surya juga merupakan sekumpulan benda langit yang terdiri dari bintang yang disebut Matahari dan semua objek yang terikat oleh gaya gravitasinya.

Termasuk Matahari, planet-planet, meteor, asteroid, dan masih banyak lagi. Yuk cari tahu tentang benda-benda langit yang ada di Tata Surya selengkapnya di bawah ini.

Ilustrasi Pesawat Luar Angkasa Parker Solar Probe NASA menyentuh matahari

1. Matahari

Matahari merupakan benda langit yang menjadi bintang induk Tata Surya dan merupakan komponen utama dalam sistem ini. Bentuk benda langit yang menjadi pusat Tata Surya ini nyaris bulat dan terdiri dari plasma panas bercampur dengan medan magnet.

Diameter Matahari diketahui mencapai 109 kali lebih besar dari Bumi.

2. Planet

Planet adalah benda langit atau objek astronomi yang mengorbit sebuah bintang. Seperti yang diketahui, kita mengenal 8 planet di Tata Surya.

Planet-planet tersebut di dalam Tata Surya dibagi menjadi planet bagian dalam dan luar, seperti berikut ini.

Planet bagian dalam:

  • Merkurius
  • Venus 
  • Bumi
  • Mars

Planet bagian luar:

  • Jupiter
  • Saturnus
  • Uranus
  • Neptunus

Perbedaan antara planet bagian dalam dan luar adalah bagian penyusunnya atau komposisi. Umumnya, planet bagian dalam memiliki komposisi batuan yang padat, hampir tidak mempunyai aau tidak mempunyai satelit dan tidak mempunyai sistem cincin.

Sementara planet luar mengandung sebaguan besar hidrogen dan helium, seperti Jupiter dan Saturnus. Di sisi lain, Uranus dan Neptunus memiliki proporsi es yang lebih besar.

Kumpulan planet luar yang juga disebut raksasa gas ini semuanya memiliki cincin, meskipun hanya sistem cincin Saturnus yang dapat dilihat dengan mudah dari Bumi.

Baca Juga: Inilah Potret Letusan Matahari Terbesar yang Tertangkap Satelit Solar Orbiter

Editor: Arif Budianto

Terbaru