Inspirasi rumah minimalis Japandi ini nyaman ditinggali

Rabu, 18 Agustus 2021 | 11:30 WIB   Reporter: Kania Paramahita
Inspirasi rumah minimalis Japandi ini nyaman ditinggali

KONTAN.CO.ID - Rumah minimalis bergaya Japandi tengah diminati orang-orang. Namun, tahukah Anda apa itu gaya Japandi?

Singkatnya, rumah bergaya Japandi adalah salah satu jenis gaya rumah minimalis yang menggabungkan gaya rumah Jepang dan Skandinavia. Keduanya banyak digemari dalam dunia desain interior karena mengedepankan fungsionalitas dan kesederhanaan.

Selain minimalis, rumah bergaya Japandi juga banyak berfokus pada isu sustainability atau hidup keberlanjutan, sehingga banyak menggunakan elemen alam seperti kayu. Jadi, konsep rumah ini akan cocok bagi Anda yang menyukai gaya hidup ramah lingkungan.

Baca Juga: 3 Minuman herbal perontok asam urat tinggi yang bisa dibuat sendiri di rumah

Nah, jika Anda tertarik untuk mengadaptasi gaya rumah ini di rumah Anda, simak artikel ini untuk mendapatkan ide atau inspirasi mengenai rumah minimalis Japandi.

Ruang makan dan ruang kerja yang nyaman

Jika Anda tinggal di rumah yang luasnya terbatas dan tidak memiliki ruang kerja sendiri, Anda bisa menciptakan space atau ruang khusus di rumah untuk bekerja. Tidak perlu khawatir rumah akan terasa sempit dan sesak. Gambar di atas dapat Anda tiru untuk menciptakan ruangan yang multifungsi, namun tetap terasa minimalis.

Kuncinya, gunakan furnitur atau perabotan yang simpel dengan warna senada. Usahakan ruangan tetap rapi dengan menyediakan tempat penyimpanan seperti laci, lemari, atau kabinet. Masukkan cahaya alami sebanyak-banyaknya agar ruangan terasa cerah dan lapang.

Ruang tengah monokrom

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by estliving.com (@est_living)

Jika Anda menginginkan kombinasi warna yang lebih kalem, coba tiru perpaduan warna dari gambar di atas untuk diterapkan di rumah Anda. Rumah minimalis di gambar menggunakan dominasi warna abu-abu dan hitam untuk menciptakan kesan monokrom.

Selain monokrom, kesan industrial juga bisa Anda dapatkan dengan menggunakan tembok semen yang tidak dicat dan dibiarkan begitu saja, serta elemen metal yang bisa digunakan untuk susuran tangga.

Baca Juga: Untuk capai kesembuhan, Satgas covid-19 meningkatkan upaya dengan 3T

Ruang baca yang cerah

Untuk Anda atau keluarga yang suka membaca dan memiliki area baca khusus di rumah, coba manfaatkan satu sisi tembok rumah untuk disulap menjadi rak buku seperti gambar di atas. Buat tembok menjorok ke bagian dalam dan pasangi dengan rak ambalan atau floating shelf untuk membuat rak buku yang menyatu dengan tembok.

Dengan begitu, ruangan pun tidak akan terasa sempit dan sesak karena rak buku, sehingga akan tercipta kesan minimalis. Supaya ruangan tidak terasa suram, gunakan pencahayaan alami untuk suasana yang lebih cerah.

Ruang keluarga tanpa sekat

Salah satu prinsip rumah Japandi yang selaras dengan rumah minimalis adalah keterbukaan tanpa sekat. Oleh karena itu, cobalah untuk mendekor rumah minimalis Anda dengan layout yang terbuka seperti gambar di atas.

Untuk menciptakan kesan rumah yang terbuka dan seamless, Anda dapat membatasi (atau menghilangkan) penggunaan sekat di rumah,menggunakan furnitur dengan desain yang simpel, dan mengurangi undakan-undakan di rumah. Manfaatkan cahaya alami dari luar untuk menerangi rumah supaya tidak terasa suram.

Baca Juga: Tanpa ke apotek, bahan alami ini bisa menjadi obat amandel anak-anak dan dewasa

Ruang makan yang kalem

Anda sedang mencari inspirasi untuk ruang makan minimalis? Coba contoh dekorasi ruang makan minimalis di atas yang benar-benar minimalis dan mengandalkan furnitur kayu yang sederhana. Selain itu, kombinasi warna yang digunakan pun hanya warna putih dan coklat kayu yang simpel sehingga terlihat kalem.

Selain menggunakan warna putih pada dinding untuk memberi kesan ruangan yang lapang dan cerah, penggunaan atap terbuka dan pintu geser di samping ruangan dapat memberi akses pada cahaya luar untuk masuk. Jadi, ruangan akan mendapat pencahayaan yang maksimal.

Nah, itulah beberapa contoh inspirasi rumah minimalis bergaya Japandi. Bagaimana, adakah gaya dekorasi yang menarik perhatian Anda?

Tidak perlu menjiplak atau meniru semuanya, namun gunakanlah ide yang cocok untuk diterapkan di rumah Anda. Selamat mendekorasi rumah impian!

Selanjutnya: 3 Kiat untuk menurunkan berat badan, gampang dilakukan!

Editor: Kania Paramahita
Terbaru