Edukasi

K-Hub Forum 2024 Bagikan Praktik Modul Modul Deradikalisasi

Jumat, 20 September 2024 | 21:52 WIB   Reporter: Tendi Mahadi
K-Hub Forum 2024 Bagikan Praktik Modul Modul Deradikalisasi

ILUSTRASI. Kekerasan anak


KEJAHATAN DAN KEKERASAN - JAKARTA. Sebagai platform bersama untuk berbagi informasi dan kolaborasi dalam pencegahan dan penanggulangan ekstremisme kekerasan, K-Hub kembali meluncurkan riset Outlook #2 dengan tema “Ensiklopedia Modul Pendidikan Perdamaian di Indonesia” dan Outlook #3 bertema “Ensiklopedia Modul Deradikalisasi di Indonesia”.

Kedua riset ini diluncurkan dalam agenda K-Hub Forum 2024 yang akan diselenggarakan di Luminor Hotel Pecenongan, Jakarta Pusat pada 18 September 2024. K-Hub PCVE Outlook #2 dan #3 merupakan hasil kolaborasi dengan Tim Peneliti dari Magister Perdamaian dan Resolusi Konflik (MPRK UGM) dan Yayasan Ilmu Psikologi dan Sosial Terapan (DASPR) dan didukung oleh Pemerintah Australia melalui Australia Indonesia Partnership for Justice 2 (AIPJ2).

Ensiklopedia modul ini disusun oleh perwakilan organisasi masyarakat sipil di Indonesia dalam upaya menyebarkan beragam praktik baik dan pembelajaran penyusunan modul-modul pencegahan dan penanggulangan ekstremisme kekerasan (PCVE). Harapannya, ensiklopedia modul ini bisa menjadi rujukan dalam penyusunan modul-modul PCVE lainnya pada masa mendatang.

"K-Hub berkomitmen untuk menjadi pusat informasi dan kolaborasi bagi para pelaku pencegahan dan penanggulangan ekstremisme kekerasan di Indonesia. Melalui forum ini dan peluncuran Outlook, kami ingin menunjukkan bagaimana kerja sama antar sektor yang terjalin melalui K-Hub telah menghasilkan sumber daya berharga yang dapat dimanfaatkan oleh semua pihak,” ujar Project Director K-HUB PVE Community Irfan Amali dlaam keterangannya, Jumat (20/9)/.

Baca Juga: Komitmen Pemerintah Tingkatkan Kapasitas dan Keterampilan Petani Muda

Pada sesi pertama talkshow, Dody Wibowo dari Tim Peneliti Outlook MPRK UGM bersama perwakilan Wahid Foundation dan CISForm akan membahas praktik penyusunan modul pendidikan perdamaian. Dari 14 modul yang dianalisis dalam Outlook #2, mayoritas berfokus pada pengembangan keterampilan, sementara hanya enam modul yang menekankan penanaman nilai. Selain itu, mayoritas modul ini diterapkan di jenjang sekolah menengah, menyoroti perlunya penerapan modul di jenjang sekolah dasar maupun perguruan tinggi.

Sesi kedua akan membahas riset dan upaya deradikalisasi bersama Faisal Magrie dari Tim Peneliti Outlook DASPR, CDS, dan INFID. Dari 12 modul dalam cakupan Outlook #3, sepuluh modul berfokus pada petugas kementerian/lembaga seperti Pembimbing Kemasyarakatan (PK) untuk memastikan keberlanjutan rehabilitasi mantan teroris. Selain itu, 11 dari 12 modul lebih fokus pada perubahan pengetahuan, karena pengukurannya lebih mudah dibandingkan perubahan sikap.

Acara ditutup dengan aktivasi member K-Hub, yang bertujuan membantu organisasi mitra mempromosikan kerja dan produk pengetahuan PCVE secara lebih efektif melalui platform tersebut.

Berbagai lingkup aktor dalam upaya PCVE di Indonesia akan hadir dan turut terlibat dalam kegiatan K-Hub Forum 2024 ini, mulai dari aktor pemerintahan antara lain Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek), Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham), Kementerian Agama (Kemenag), Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Kementerian Sosial (Kemensos), Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), dan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

Baca Juga: 6 Cara Berkomunikasi dengan Anak saat Mereka sedang Merasa Tidak Nyaman

Selain itu, akan turut hadir 46 organisasi masyarakat sipil yang berfokus pada isu PCVE, serta undangan lainnya seperti perwakilan Kedutaan Australia. Dengan pendekatan kolaborasi multipihak, baik melalui berbagi cerita, data, dan praktik baik, upaya PCVE menjadi lebih efisien, berkualitas, dan menghasilkan dampak yang lebih optimal.

"K-Hub PCVE Outlook adalah upaya nyata untuk menyebarkan praktik baik dan pembelajaran organisasi masyarakat sipil dalam edukasi dan deradikalisasi. Apresiasi kami kepada organisasi masyarakat sipil atas konsistensi kerja dan produk pengetahuan mereka. Diskusi temuan dengan ragam perspektif di hari ini akan menjadi masukan yang sangat bermanfaat dalam perancangan program pencegahan dan penanggulangan ekstremisme kekerasan yang lebih efektif” ujar Project Coordinator K-Hub PVE Community Lindawati Sumpena.

Selanjutnya: Upaya Kementan Dorong Peningkatan Produktivitas Petani Muda di Malang

Menarik Dibaca: Promo Indomaret Minyak Murah Periode 19-25 September 2024, Ada Ekstra Diskon Rp 5.000

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tendi Mahadi
Tag

Terbaru