Otomotif

Kisaran biaya yang perlu dikeluarkan saat Anda membeli mobil bekas

Senin, 19 Oktober 2020 | 10:24 WIB Sumber: Kompas.com
Kisaran biaya yang perlu dikeluarkan saat Anda membeli mobil bekas

ILUSTRASI. Beli mobil bekas, kisaran biaya yang harus dikeluarkan untuk perbaikan sekitar Rp 5 juta sampai Rp 10 juta.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga yang bersahabat menjadi salah satu keputusan konsumen ketika membeli mobil bekas. Kondisi ini juga yang jadi daya tarik utama orang meminang mobil bekas.

Meski murah, jangan lupa untuk melakukan perbaikan mobil. Pasalnya, meski masih terlihat mulus, usia pemakaian tetap mempengaruhi kondisi mobil.

Sebagus apapun mobil bekas pasti butuh masuk bengkel. Oleh karena itu, sebaiknya calon pembeli sediakan juga dana tambahan untuk perbaikan atau rekondisi.

Apre dari bengkel AP Speed di Cipinang Jakarta Timur, mengatakan biaya perbaikan mobil bekas relatif, tergantung dari seberapa banyak yang harus diperbaiki atau diganti.

Baca Juga: Ini asuransi sepeda pertama di Indonesia, simak tawarannya

“Untuk mesin paling butuh tune up dan servis ringan itu sekitar Rp 1,5 juta. Tapi kalau banyak yang diperbaiki, sampai overhaul bisa mencapai Rp 10 jutaan,” ujar Apre belum lama ini kepada Kompas.com.

“Umumnya kalau enggak kenapa-kenapa, cuma tune up saja sudah enak lagi mobilnya,” lanjut Apre.

Biaya tersebut di luar penggantian pelumas atau cairan-cairan yang sudah habis masa pakai, seperti oli, air radiator, dan minyak rem. Sementara bagian lainnnya seperti kaki-kaki jika tak ada perbaikan, bisa langsung digunakan.

Baca Juga: Bisa pilih, lelang mobil dinas Avanza harga murah, hanya Rp 70 juta

“Perbaikan kaki-kaki, misalkan ada yang diganti itu biayanya mulai Rp 3 jutaan. Kalau termasuk shockbreaker, bushing arm, bearing bisa sampai Rp 5 jutaan,” kata Apre.

Jadi, kalau ditotal, minimal jika hendak meminang mobil bekas, harus menyediakan dana rata-rata sekitar Rp 5 juta-Rp10 jutaan. Tergantung kondisi masing-masing mobil bekas yang dipinang.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Hitung Kisaran Biaya Perbaikan Usai Beli Mobil Bekas", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2020/10/19/100200715/hitung-kisaran-biaya-perbaikan-usai-beli-mobil-bekas.
Penulis : Aprida Mega Nanda
Editor : Agung Kurniawan

 

Selanjutnya: Bisa pilih, lelang mobil dinas Avanza harga murah, hanya Rp 70 juta

 

 

Editor: Noverius Laoli
Terbaru